People Innovation Excellence

Beasiswa Penuh di BINUS dan Kuliah Karyawan di BOL (BINUS Online Learning)

BINUS UNIVERSITY menyediakan berbagai program beasiswa penuh maupun parsial untuk mahasiswa yang berprestasi secara akademik maupun non-akademik di tingkat nasional dan internasional. Kebijakan mengenai hal ini mengikuti Keputusan Rektor Nomor 0191A/SK/PKPMB-UBN/VIII/2021 tentang Panduan Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru dinyatakan pada Pasal 3, Poin 12 yang berisi,
“Pendaftaran mahasiswa baru diselenggarakan…, termasuk bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik namun memerlukan bantuan ekonomi.”
Melalui Pasal 3 tersebut, BINUS menyatakan setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Terdapat 2 jenis beasiswa penuh yang disediakan oleh BINUS yaitu sebagai berikut:
1. Widia Scholarship for Outstanding Achievers adalah salah satu program beasiswa yang dikenal unggulan BINUS UNIVERSITY yang memungkinkan mahasiswa untuk dapat menunjang pembelajaran perkuliahan S1 di BINUS UNIVERSITY tanpa dikenakan biaya hingga masa studi berakhir. Selain itu, disediakan juga program beasiswa lainnya berdasarkan prestasi dan hasil peringkat Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS). Syarat pendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini juga mudah dijangkau, yaitu dengan menjadi mentor/tutor BINUS Learning Community selama beasiswa diberikan atau menjadi Freshmen Leader/Lab Assistant/ Promotion Team. Sejauh ini terdata sebanyak 46 mahasiswa aktif BINUS yang menerima beasiswa periode akademi 21/22 tersebut.

2. Primary Teacher Education Full Scholarship adalah program beasiswa penuh hingga 4 tahun untuk program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang disediakan untuk lulusan SMA yang berniat untuk menjadi seorang guru SD profesional. Tidak jauh berbeda dengan syarat beasiswa pertama, pendaftar yang nantinya menjadi mahasiswa juga wajib menjadi mentor/tutor BINUS Learning Community selama beasiswa diberikan atau menjadi Freshmen Leader/Lab Assistant/ Promotion Team. Terdata sejauh ini terdapat 48 mahasiswa BINUS yang menerima beasiswa tersebut. Untuk persyaratan dan ketentuan beasiswa selengkapnya dapat dilihat di sini.

Selain itu, BINUS University juga memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin menempuh pendidikan di BINUS Online Learning melalui jalur RPL. Jalur RPL adalah kepanjangan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau yang merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi yang ada pada BINUS Online Learning. RPL sendiri merupakan sebuah implementasi dari pembelajaran sepanjang seumur hidup untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian. RPL ini juga membantu memberikan kesempatan yang lebih luas lagi untuk masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja, untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Sistem pembelajarannya pun tetap memakai satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah, yang diperoleh melalui pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi. Jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diperoleh atau diakui adalah 15 mata kuliah.

BINUS mengambil tindakan terencana dalam merekrut mahasiswa/staf/dosen dari kelompok yang kurang terwakili pada BINUS Online Learning yaitu dengan menyediakan shift kelas malam pada program online learning untuk mereka yang mayoritas telah bekerja, memiliki usaha sendiri, atau seorang ibu rumah tangga sehingga dapat mengambil pendidikan S1 secara bersamaan. Saat ini terdata sebanyak total 6187 mahasiswa di BOL dengan komposisi yang setara antara laki-laki (55.34%) dan perempuan (44.66%) dengan mayoritas berasal dari kelompok mahasiswa yang kurang terwakili.


BINUS juga senantiasa mengukur dan terbuka dalam penerimaan mahasiswa berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) dengan memberikan fasilitas yang memadai, hingga saat ini terdata sebanyak 213 jumlah mahasiswa berkebutuhan khusus di BINUS University.

Referensi:

Scholarship

FAQ

Apa Arti Kuliah Jalur RPL? Dan Bagaimana Caranya?


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close