People Innovation Excellence
 

Mahasiswa Baru

Oleh: Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Mahasiswa-Baru

“You have to learn the rules of the game.

And then you have to play better than anyone else.” — Albert Einstein

 

Perasaan gembira yang timbul pada saat bertemu dengan hal baru adalah sesuatu yang lumrah. Apalagi bila dikaitkan dengan aktivitas menjadi mahasiswa baru, pastilah amat menyenangkan karena segala sesuatunya serba baru. Terlebih tak seluruh teman seumur memiliki kesempatan yang sama untuk dapat merasakan bangku kuliah. Rasa gembira, rasa bersyukur, rasa ingin tahu bercampur menjadi satu, menyertai hari-hari yang dipenuhi dengan hal baru, dari hari masuk pertama kali, kuliah di kelas pertama kali, lingkungan yang serba baru, dan bertemu teman yang didominasi dengan teman baru bahkan terkadang dari beragam pelosok Indonesia.

Semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk meraih keberhasilan. Pernyataan tersebut harus dipegang teguh karena kuliah adalah lembaran baru. Bagi mereka yang dahulu di SMA-nya berprestasi pasti akan memiliki motivasi yang lebih untuk kembali mengulang prestasinya tersebut, walau hal tersebut bukanlah menjadi satu-satunya acuan. Bagi mereka yang prestasi sebelumnya biasa saja atau bahkan kurang, memang akan lebih berat, namun awal kuliah adalah saatnya untuk menutup lembaran hidup sebelumnya lalu bersiap untuk memulai lagi dari titik nol dan menuju keberhasilan baru dengan semangat baru yang sarat dengan keinginan untuk meraih banyak prestasi. Bila semangat ingin mengukir prestasi itu terus menyertai maka segalanya akan jauh lebih mudah untuk dijalankan.

Keberhasilan selalu diawali dengan persiapan yang matang, begitu pun dengan kuliah. Kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi itu diawali dengan kegiatan orientasi. Kini, kegiatan orientasi di perguruan tinggi telah mengalami perubahan yang luar biasa. Kesan angker yang dahulu erat dimiliki lambat laun terkikis menjadi kegiatan positif yang merujuk kepada kata orientasi itu sendiri, sebagai sarana untuk melakukan peninjauan atas sikap dan arah agar tepat dan benar menuju sasaran,  sebelum pada akhirnya menjalankan aktivitas sesungguhnya. Masa orientasi adalah masa untuk berkenalan, masa untuk mendapatkan gambaran utuh aktivitas apa saja yang akan dijalankan selama kuliah nanti.

Sebagai orang baru adalah wajar dituntut belajar agar lebih mengenal lingkungannya.  Masa orientasi adalah masa yang tepat seperti yang dikatakan oleh Albert Einstein, masa untuk mempelajari segenap aturan dan cara yang ada. Mahasiswa baru mestilah bersungguh-sungguh, serius, yakin, senang dan penuh semangat. Apalagi orientasi di BINUS University telah disiapkan bukan sekedar hal normatif yang berisi aturan boleh dan tidak boleh, namun berisi berbagi pengalaman dari yang sudah-sudah, baik dari mereka yang sukses bahkan dari mereka yang gagal. Orientasi adalah saat mempelajari segenap lingkungan, ibarat kita masuk ke rumah baru, kita diajak untuk mengetahui di mana letak kamar mandi, kamar utama, ruang belajar, ruang makan, dst. Mengikuti masa orientasi dengan sungguh-sungguh merupakan salah satu cara untuk secara cepat dan tepat mengenal lingkungan baru, karena informasi yang didapatkan adalah informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Mahasiswa baru harus berhati-hati dengan sumber informasi yang didapatkan karena informasi yang salah akan membawa mahasiswa ke kesalahan-kesalahan berikutnya.

Bila semangat berprestasi telah dimiliki, pengenalan lingkungan dengan segenap aktivitasnya telah dipahami, maka hal itu adalah modal awal yang baik untuk memulai tahun-tahun perkuliahan. Jalankan dengan penuh kesenangan dan keseriusan maka prestasi baru satu persatu akan datang menghampiri.

Selamat datang mahasiswa baru! Selamat meraih prestasi-prestasi baru!

* * *

Ilustrasi: Anthoni Askaria

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close