People Innovation Excellence

Komitmen Penuh BINUS University Bagi Keberlanjutan Karyawan

BINUS University memiliki aturan dan implementasi riil mengenai Panduan Kekaryawanan yang diberlakukan kepada seluruh karyawan di BINUS termasuk seluruh business unit yang berada dalam naungan dan pengelolaan lembaga melalui Divisi Human Capital & Legal Bina Nusantara. 

Dalam panduan karyawan tersebut, menyebutkan tidak ada diskriminasi berbasis agama, gender, jenis kelamin, dan usia serta anti pelecehan pada Pasal 68, “Melakukan tindakan-tindakan negatif yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) dan/atau pelecehan seksual sesuai dengan norma-norma yang  berlaku  di masyarakat dan/atau ketentuan hukum yang berlaku.”  

Bahkan pada Pasal 7 tentang Waktu Kerja dan Kehadiran Kerja menyebutkan, “Penetapan jam kerja dalam lembaga ditentukan berdasarkan ketentuan masing-masing business unit/divisi selama minimal 40 (empat puluh) jam dalam 1 (satu) minggu” dengan tidak mengurangi ketentuan mengenai waktu kerja yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak adanya modern slavery pada karyawan yang bekerja di BINUS. 

Sanksi yang dikenakan bagi yang melanggar atau melakukan tindakan-tindakan negatif tersebut akan mendapatkan pemutusan hubungan kerja pelanggaran tingkat tinggi. Pasal 57 tentang Keluhan dan Pengaduan juga menyebutkan,
1.
Keluhan  didefinisikan  sebagai  segala  sesuatu permasalahan  yang dirasakan oleh Karyawan, baik yang menyangkut syarat kerja maupun kondisi kerja.
2. Pengaduan didefinisikan sebagai bentuk laporan yang dilaporkan oleh Karyawan, baik yang menyangkut syarat kerja maupun kondisi kerja. 

Bagi karyawan yang memiliki keluhan dalam hal apapun dapat melaporkan hal tersebut kepada Pimpinan tertinggi melalui website Letters to Leaders. Bahkan dalam kasus pelecehan, baik itu sebagai korban ataupun sebagai informan, dapat melaporkan hal tersebut juga dan dapat dijamin kerahasiaan dan keamanannya.

Sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan Kementerian Ketenagakerjaan, BINUS memberikan upah yang layak bagi karyawan atau pekerjanya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan keuangannya dari upah yang diterima. Terutama pada Pasal 13 tentang Ketentuan Umum Mengenai Balas Jasa juga disebutkan, “Sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku mengenai pajak penghasilan, balas jasa yang diberikan dalam bentuk uang akan dipungut pajak penghasilan, yang mana pajak tersebut dibayarkan oleh lembaga atas nama Karyawan yang bersangkutan kepada Kantor Kas Perbendaharaan Negara (KKPN).”
Selain itu, pada Pasal 1 disebutkan “Upah adalah  hak  Karyawan  yang  diterima  dan dinyatakan  dalam bentuk uang sebagai Balas Jasa dari Lembaga kepada Karyawan yang ditetapkan dan dibayarkan menurut perjanjian kerja, kesepakatan, atau Peraturan Perundang-undangan.” serta diiringi Pasal 14 tentang Kebijakan Pengupahan menyebutkan “Penetapan Upah pada dasarnya ditetapkan berdasarkan jabatan, kinerja,  keahlian,  kecakapan,  dan sebagainya,  yang  ditentukan  dalam struktur/skala  Upah  menurut  jabatan dan  golongan/Binusian Grade Karyawan”. Kedua pasal tersebut, memberikan jaminan bagi karyawan akan profesionalisme, keadilan, dan aspek penilaian kinerja karyawan sebagai basis yang absah bagi penentuan imbal jasa. 

Melalui pasal-pasal ini diyakini setiap karyawan memiliki hak menerima upah atau gaji berdasarkan jabatan, kinerja, dan kompetensi yang dimiliki sehingga hal ini menjadi jaminan tiadanya bias gender dalam penentuan skala upah. Prinsip profesionalisme menjadi landasan terkuat untuk tetap menghargai kinerja karyawan apa pun gendernya. Selain upah atau gaji karyawan, para karyawan juga menerima tunjangan hari raya, bonus prestasi kerja, upah lembur kerja, upah selama sakit, dan memiliki kebebasan berpendapat antar sesama karyawan pada kegiatan Employee Relations dengan berbagai bentuk kegiatan seperti employee gathering, forum dari komunikasi, kontribusi untuk in-house journal, dan masih banyak lagi. Di luar itu, BINUS juga menyediakan program Character Building untuk membentuk karakter inklusif mahasiswa melalui multikulturalisme yang dikembangkan oleh karyawan dan dosen di Character Building Development Center (CBDC) serta pelatihan berbentuk webinar yang sasarannya tertuju ke para dosen pendidikan karakter yang tergabung dalam Character Building Development Center (CBDC). 

References:
https://www.binus.edu/connect/website
https://www.binus.edu/connect/website/63/letters-to-leaders
https://communication.binus.ac.id/glossary/employee-relations/ 
https://binus.ac.id/character-building/ 
https://binus.ac.id/character-building/2022/08/webminar-cbdc-binus-kontribusi-pendidikan-karakter-di-pt-terhadap-usaha-bela-negara/  


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close