People Innovation Excellence

Sambutan Rektor BINUS University Pada Wisuda 49

Sambutan Rektor BINUS University

Pada Wisuda 49, Selasa 17 November 2013

Yth. Bpk. Dirjen Pendidkan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional

Yth. Ibu Koordiantor Kopertis Wilayah III

Yth. Bpk. Bernard Gunawan, Ketua Yayasan Bina Nusantara dan CEO BINUS Group, beserta Board of Management

Yth. Anggota Senat dan Dewan Pelantik BINUS University

Yth. Bpk. dan Ibu Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Yth. Pimpinan Lembaga Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Industri dan Bisnis

Yth. Bpk. dan Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkenan hadir dalam acara Wisuda 49 ini

Yth. Rekan-rekan Dosen dan staff BINUS University

Yang sangat saya banggakan , semua wisudawan dan wisudawati angkatan 49 BINUS University

Serta para hadirin sekalian

Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama dan yang utama, marilah kita selalu panjatkan puji-syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Berkat dan RahmatNya sehingga hari ini kita dapat bersaman-sama menghadiri acara yang penuh kidmat dan kebahagiaan, di gedung yang megah dan indah ini.

Hari ini , 17 November 2013, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Keluarga Besar sivitas akademika BINUS University, bahwa untuk yang ke-49 kalinya dapat menyelenggarakan acara Wisuda bagi para lulusannya.

Hari ini BINUS University akan melepaskan lagi lulusannya sebanyak 2.684 lulusan yang terdiri dari 2 lulusan S3, 128 lulusan S2, 2.319 lulusan S1 Reguler, 154 lulusan S1 Internasional, 78 lulusan D4 dan 3 Lulusan D3.

Pertambahan jumlah lulusan Wisuda 49 ini akan menambah komunitas lulusan BINUS University sehingga menjadi 78.333 orang yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia.

Kami yakin dan percaya kontribusi para lulusan atau alumni BINUS University akan dapat berkarya di masyarakat, sekaligus menjadi Leader masa depan yang mampu mengajak dan melakukan perubahan dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa, negara dan dunia.

Seluruh Pimpinan Yayasan Bina Nusantara, dan pimpinan BINUS University beserta segenap civitas akademika, mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah anda raih.

Khusus untuk wisuda 49 ini, menjadi sangat istimewa karena BINUS University berhasil mewisuda 2 orang Doktor dari program DRM, yang menjadi lulusan pertama program doktor di bidang manajemen, kedua doktor tersebut adalah Dr. Leli Nuryati dan Lim Sanny. Keberhasilan ini menjadikan BINUS University menjadi perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan dan menghasilkan lulusan untuk program diploma, sarjana, magister, sampai doktor. Semoga kehadiran 2 Doktor baru tesebut mampu memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan untuk pengembangan ilmu, sert memotivasi calon-calon doktor yang sekarang sedang mengikuti pendidikan di DRM BINUS University.

Hari wisuda ini memang hari istimewa untuk anda semua sebagai wisudawan BINUS University, acara hari ini disiapkan dengan sangat serius oleh panitia dan mendapat perhatian penuh dari Pimpinan BINUS University. Semua ini untuk memberikan penghargaan kepada anda semua yang telah berhasil melewati perjalanan panjang sebagai mahasiswa, baik dalam kegiatan studi akademik maupun non akademik.

Keberhasilan anda semua yang dirayakan pada hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier dan kehidupan. Masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus anda hadapi; janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan tersebut.

Berbekalkan pengetahuan, ketrampilan, budaya belajar, semangat tidak kenal menyerah, dan motivasi tinggi, kami percaya anda semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita.

Jangan berhenti untuk terus belajar, tingkatkan terus segala pengetahuan dan kemampuan anda dalam era global, era ekonomi kreatif yang penuh tantangan dan sekaligus peluang besar ini.

Informasi lengkap tentang prestasi dalam Wisuda 49 ini dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah sambutan ini.

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya sebagai pimpinan BINUS University ingin menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan Bina Nusantara.

BINUS 32th

Pada tanggal 1 Juli 2013 yang lalu, BINUS University merayakan ulang tahunnya yang ke 32. Ulang tahun itu menunjukkan sudah 32 tahun BINUS berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui pendidikan. Kita semua bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaian, keberhasilan, dan juga prestasi selama 32 tahun berkarya. Pada saat ulang tahun yang ke 30 yang lalu, kita juga menandai ulang tahun tersebut sebagai momentum kesiapan BINUS University menuju World-class University.

Saat ini BINUS University menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan tinggi, baik program reguler diploma dan strata-1, program internasional, maupun program jenjang S2 dan program S3. Perkuliahan dapat dilakukan secara multi channel (global learning system), maupun dilakukan secara lebih fleksibel melalui program Online Learning.

Visi dan Misi BINUS University

Sejak tahun 2008 BINUS University juga telah menetapkan visi dan misi yang selaras dengan visi Yayasan Bina Nusantara, penetapan ini sangat penting sebagai bagian dari strategi untuk menjawab tantangan masa depan.

 

Visi BINUS University  :

A world-class University, …in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Misi BINUS University:

The mission of BINUS University is to contribute to the global community through the provision of world-class education by :

  • Recognizing and rewarding the most creative and value-adding talents
  • Providing a world-class teaching, learning and research experience that fosters excellence in scholarship, innovation and entrepreneurship.
  • Creating outstanding leaders for global community
  • Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society
  • Improving the quality of life of Indonesians and the international community

Kebijakan Mutu BINUS University

BINUS University is committed to providing a world-class education with international learning experience that makes positive contributions to the global community

Sasaran Mutu BINUS University

  • One out of every three graduates becomes an entrepreneur or is working at a global organization within six months upon graduation
  • 25 innovative legally registered intellectual property per year
  • An average of one international paper per Faculty Member per year
  • 20% of active students gain international experience during their period of study
  • Academic Satisfaction Index of 75%
  • Excellent Stakeholder Satisfaction

Semua yang ingin kita capai tentunya perlu diturunkan ke dalam langkah-langkah nyata baik yang sudah, sedang, maupun yang akan dilaksanakan di masa mendatang, dan semuanya itu tertuang di dalam suatu Rencana Strategis BINUS University 20/20.

Penghargaan yang diperoleh BINUS University

Upaya kreatif, strategis, dan tidak kenal lelah dari seluruh BINUSIAN, mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Pengakuan atau penghargaan yang diperoleh pada tahun 2013 ini sangatlah banyak dan mempunyai nilai yang membanggakan, baik yang didapatkan di masing-masing jurusan/program studi, center, maupun di tingkat universitas.

Beberapa penghargaan penting yang tercatat di tingkat universitas adalah :

–           BINUS University untuk keenam kalinya telah berhasil memperoleh “2012 The Indonesian Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE) Award” dari Dunamis Organization yang bekerja sama dengan Teleos – The KNOW Network dari Inggris dalam bidang pengembangan knowledge management terbaik sebagai institusi yang paling dikenal dan dikagumi oleh masyarakat dalam mengembangkan Knowledge Management bidang pendidikan di Indonesia dan kembali menjadi finalis untuk ketujuh kalinya di tahun 2013. BINUS University juga merupakan Universitas Swasta pertama yang memperoleh penghargaan ini dan selalu menjadi finalis dan pemenang setiap tahunnya.

–           BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan se Kopertis Wilayah III DKI Jakarta dalam bidang Pengembangan Sistem, Mutu pembelajaran dan Karya Unggulan.

–           BINUS University juga sebagai salah satu pembina Perguruan Tinggi di Indonesia melalui proyek Higher Education Leadership and Management (HELM – USAID) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

–           BINUS University menjadi satu-satunya universitas yang mengikuti Indonesian Quality Award (IQA) mulai dari tahun 2011. BINUS University merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi bersama dengan 11 perusahaan yang sebagian besar merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2012, BINUS University kembali mengikuti IQA dengan hasil yang meningkat dari tahun 2011 serta memperoleh penghargaan spesial yaitu: “Silver Award” karena kenaikan point yang cukup signifikan dari tahun sebelumya.

–           BINUS University memperoleh penghargaan “M-I-T iAward (Malaysia-Indonesia-Thailand) Internationalization Award” mewakili Indonesia. M-I-T iAward diselenggarakan oleh Southeast Asian Miniters of Education Organization, Regional Centre for Higher Education and Development (SEAMEO RIHED) yang dikepalai oleh pemerintah Thailand. M-I-T iAward bertujuan untuk membangun kemampuan negara Anggota SEAMEO di bidang pendidikan tinggi. Dalam hal ini BINUS University mewakili Indonesia yang memperoleh penghargaan ini.

–           BINUS University mengikuti proses QS Star dan mendapatkan ranking 2 Star.

–           BINUS University juga memperoleh beberapa rekor MURI melalui UKM/HMJ serta program CSR Binus University yang dinamai Teach for Indonesia (TFI).

–           BINUS University memperoleh penghargaan CSR AWARD melalui kegiatan “Pemberdayaan Bersama Komunitas” yang diselenggarakan oleh SINDO 2013. Terdapat 27 perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut dan salah satunya adalah BINUS University.

–           BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Best Privat University 2013 yang diselenggarakan oleh MIX Marketing Communication Magazine

–           Puluhan dosen dan mahasiswa BINUS University berhasil mendapat penghargaan, juara lomba, baik tingkat nasional dan internasional, seperti :

  • Dr. Rinda Hedwiq, Faculty Member jurusan Sistem Komputer, meraih Dosen Terbaik I, tingkat Koperis Wilayah III DKI Jakarta
  • Idris Gautama So, Dean of Business Management School, mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Program Studi Terbaik II tingkat  Kopertis Wilayah III DKI Jakarta
  • Junario Wibawa, Kelvin Wongso dan Maulana Nofrimurti menjadi juara 1 Nasional dalam Indonesian Varsities English Debate 2013
  • Nia Utami Tirdanatan, Rosmiyana, Cynthia Evelina Wijaya  berhasil mendapatkan Juara 9 pada kejuaraan International CASE IT yang diselenggarakan oleh Beedie School of Business, Simon Fraser University | Vancouver, Canada
  • Hezbi Ryandi, Tania Tritya, Atika Frizia, Nurfitriyani mahasiswa jurusan Arsitektur mendapatkan juara II International pada FuturArc Prize 2013 competition yang diseleggarakan oleh FuturArc
  • Jeremy Jonathan, Moehammad Adithya Noegraha, Margaretha mahasiswa jurusan Teknik Industri berhasil menjadi Rank 21 International pada The Freshhh 2013 competition yang diselenggarakan oleh MOL Group
  • Erwin, Kelly, Francisco, Rafika mahasiswa Sastra Jepang berhasil mendapatkan Beasiswa ke JEpang selama satu tahun yang diberikan oleh Monbukagakusho, Departement pendidikan Jepang
  • Jessica Yowiko berhasil mendapatkan The Winner pada JAL Scholarship Contest for year 2013
  • Maya Rininta dari HIMTRI berhasil mendapatkan 2013 Gold Award pada Institute of Industrial Engineers (IIE) Student Chapter pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Institute of Industrial Engineer
  • Agnes mahasiswa Sistem Komputer berhasil meraih 10 besar International pada Kompetisi tingkat Asia Pacific Demo-It Competition yang di selenggarakan oleh Hyderabad India
  • Muhammad Castallani Silolipu mahasiswa jurusan manajemen berhasil menjadi juara 1 (Best Delegate) dan Juara Riset terbaik (Best position paper) dalam united nation Security Council pada International Competition: President Model United Nation 2013 yang diselenggarakan oleh International Relation President University
  • Steven, Sylvia Valentina Choadinata, Ilham Said Radito mahasiswa jurusan Manajemen berhasil menjadi juara II Nasional pada WIDETION (Widyatama Debate Competition) yang diselenggarakan oleh Widyatama University Bandung
  • Frengky Johanes, Cherry Angelie, Melisa Amelia, Sandy I. Mikdad, Ezra R. Jawentinus, Yang Yasmin Mellyna Tim Psikologi berhasil meraih Juara I Nasional pada Psychosmart (kompetisi cerdas cermat) Psychology Village 4
  • David Christian, Eric berhasil menjadi Juara I pada kejuaraan E-Time 2013 (Electro Activities Programme) untuk kategori Network Skill Competition (NSC)
  • Darmawan Efendi, Keren Ribka Fajarwati, Felix Salim Tim dari Jurusan TI-Matematika menjadi pemenang ke III pada kejuaraan Nasional Fujitsu Innovation Challenge untuk kategori aplikasi “Identity Palm Authentication”
  • Sally Chyntya Dewi, Susanti, Ivana Beatrice mahasiswa jurusan Accounting & Finance berhasil meraih juara III Nasional pada NATIONAL ACCOUNTING OLYMPIAD, GADJAH MADA UNIVERSITY ACCOUNTING DAYS 2013
  • Gavrila Setiawan mahasiswa Sastra China berhasil mendapatkan Juara III Nasional pada Lomba Chinese Bridge ke-12 yang diselenggarakan oleh Keduataan China
  • Lisa, Siska Widya Putri, Venny, Rismawati Tim dari jurusan Sistim Informasi berhasil mendapatkan Hibah Nasional Pada Program Kreativias Mahasiswa yang diselenggarakan oleh DIKTI
  • Anastasia Teoriman mahasiswa Jurusan Psikologi menjadi pemenang ke III pada Lomba Karya Tulis bertemakan “Dialog Lintas Agama” tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri
  • Ivhanrel Sumerah dari jurusan Marketing Communication menjadi Juara III pada kategori News Anchor SCTV Goes To Campus
  • Bagus Cayo Matriza, Fetty Handika Putri Tim dari Jurusan Business Law menjadi pemenang Harapan Satu pada Battle of Brain in the 4th Business Law Competition (BLC) 2013
  • Tama Handika, Jorgi, Stef, Steven Tim dari jurusan Teknik Informatika berhasil mendapatkan People Choice Award untuk kategori Mobile Application pada kejuaraan Nasional ComFest UI
  • Fahmi Reza Arafah mahasiswa Komunikasi pemasaran berhasil meraih Juara 1 Asia  pada Faldo Series Asia Indonesia Championship 2013
  • Christian Oktavius Biantoro mahasiswa jurusan Teknik Informatika menjadi juara 1 Asia pada The 2013 Asian English Olympics pada kategori Scrabble
  • Julius Wilson mahasiswa jurusan Sastra Inggris menjadi juara 2 Asia pada The 2013 Asian English Olympics pada kategori Scrabble
  • Marcella Febryanti mahasiswa Komunikasi Pemasaran berhasil meraih Juara 1 Nasional pada ALSA Unpad 2013 pada kategori Story Telling
  • Edwin Marcelli mahasiswa Teknik Informatika berhasil meraih Juara 3 Asia pada The 2013 Asian English Olympics pada kategori News Casting
  • Ivana Beatrice mahasiswa Akutansi berhasil meraih Juara 1 Nasional pada ALSA Unpad 2013 pada kategori Speech
  • Christian Oktavius Biantoro menjadi juara III pada Astar Scrabble Challenge International yang diselenggarakan oleh University of Malaya, Kuala Lumpur
  • BNEC berhasil menjadi semi finalis pada UADC 2013 pada kejuaran Debate tingkat Asia di Universitas Manila, Filipina
  • Julius Wilson berhasil menjadi Juara II pada 1st Penang Internasional Scrabble Championship 2013 (PISC 2013)
  • Inca Maya Sari mahasiswa jurusan Sistem Informasi berhasil mendapatkan medali Perunggu pada Malaysia Open Fencing Championship 2013 untuk Kategori Women’s Foil Individual
  • Erlando Stevano mahasiswa jurusan Akutansi berhasil mendapatkan Juara III pada “ The 7th Shito-ryu Karatedo World Championship” untuk kategori Kata Perorangan Putra Junior
  • BNCC berhasil menjadi juara III Nasional  pada Gunadarma Overclocking Contest 2013 Kategori Junior
  • Ariston Harianto mahasiswa jurusan Teknik Informatika berhasil menjadi Juara I Nasional pada ALSA UI Spelling Bee Competition pada kategori Scrabble
  • BASIC berhasil menjadi juara III nasional pada kategori Estafet Bebas 4x50m pada kejuaraan League of Inter School and Collegiate aquatic INDONESIA

–           Penghargaan dalam bentuk juara lomba dalam banyak kompetisi Nasional dan Internasional juga diperoleh jurusan dan center BINUS University, semuanya ini memberikan motivasi untuk terus mencapai yang terbaik.

Upaya Strategis yang sedang dan akan dilakukan oleh BINUS University

Sebagai upaya nyata mencapai world class university, BINUS University menetapkan 8 (delapan) sasaran strategis , yaitu :

  1. meningkatnya daya saing lulusan BINUS University, sehingga mampu mengisi semua peluang sebagai profesional di perusahaan/organisasi global maupun menjadi enterpreneur yang sukses, terutama dengan adanya ASEAN Community tahun 2015.
  2. meningkatnya jumlah karya inovasi dan unggulan yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga memberikan solusi untuk pembangunan bangsa Indonesia dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan layanan profesional.
  3. meningkatnya kualitas akademik dengan menerapkan standard akademik internasional, global learning system, dan peningkatan kualitas faculty member.
  4. terbangunnya budaya dan kemampuan penelitian dan publikasi yang memberikan dampak tinggi pada masyarkat
  5. tercapainya upaya kerja sama strategis dengan semua mitra dalam dan luar negeri untuk memperkuat kompetensi BINUS University dan sekaligus mempertegas kehadiran BINUS University di forum nasional dan internasional
  6. semakin banyak dan tingginya pengakuan global dari seluruh stakeholder terhadap BINUS University, termasuk didalamnya tercapainya akreditasi nasional, internasional, maupun pengakuan rangking BINUS University di tingkat Asia dan dunia
  7. tercapainya kondisi university of choice untuk BINUS University
  8. tercapainya kondisi pertumbuhan yang berkelanjutan dari BINUS University, sehingga mampu memberikan layanan akademik yang lebih besar dan luas kepada masyarakat dan stakeholder.

Terkait dengan pengembangan infrastruktur , BINUS University sedang menyiapkan kampus utama di Alam Sutra sebagai kampus pengembangan berikutnya dari kampus yang sudah ada. Kampus utama Alam Sutra akan mulai dioperasionalkan pada September 2014.

Komitmen, dedikasi yang tinggi dan semangat tidak kenal menyerah dari seluruh BINUSIAN, serta dengan lindungan Tuhan, akan memberikan jaminan pencapaian itu semua.

Kami percaya pada akhirnya BINUS University akan mendapatkan pengakuan world class university yang sesungguhnya dari masyarakat global dan semuanya itu untuk kepentingan seluruh mahasiswa, alumni, dosen, orang tua, pelaku industri , masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

Komunitas BINUSIAN

Guna mewujudkan jaringan di antara para BINUSIAN maka sejak tahun 1999 telah dibentuk komunitas BINUSIAN.  Dalam era global saat ini sangat dibutuhkan jaringan untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi di antara para BINUSIAN. Komunitas BINUSIAN akan menjadi besar dan kuat pada masa mendatang sehingga antara satu dengan lainnya mempunyai ikatan emosional yang kuat sebagai mahasiswa, alumni, karyawan, dosen dan pengelola BINUS University, pendidikan Bina Nusantara dan juga institusi pelatihan Bina Nusantara. Para BINUSIAN akan saling bertukar informasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan ide dan usaha, dan menangkap peluang untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Komunitas BINUSIAN akan tumbuh dan mekar dalam jaringan yang bersifat global melampau batas negara guna membentuk jaringan secara internasional.

Usaha dan kegiatan dalam menghimpun komunitas BINUSIAN dilakukan melalui sarana BINUS Career yang merupakan unit kerja sebagai jembatan antara BINUS University dengan dunia usaha dan juga yang menjembatani antara BINUS University dengan para alumninya.

BINUS Career dapat menyalurkan para lulusannya dan mengkomunikasikan peluang pekerjaan dari dunia usaha kepada para BINUSIAN dan menyampaikan informasi kepada BINUSIAN yang akan meneruskan studinya baik di dalam negeri maupun di manca negara. BINUS Career juga berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia usaha yang merupakan masukan yang sangat berguna dalam mengemas kurikulum program studi di BINUS University. Sarana yang dapat digunakan dalam berkomunikasi saat ini dapat melalui www.binuscareer.com yang merupakan portal penghubung dan pemersatu para BINUSIAN.

Untuk itu kami mengajak kepada para lulusan agar senantiasa mengupdate data pribadi masing-masing, prestasi, dan masukan bagi BINUS University termasuk kebutuhan tenaga kerja yang dapat dilakukan melalui homepage tersebut di atas. BINUS Career juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan secara langsung para alumni BINUS University sehingga wadah ini tidak hanya merupakan jembatan antara BINUS University dengan para alumninya tetapi juga jembatan antar alumni itu sendiri. Untuk itu jangan ragu, klik www.binusian.org/alumni dan bergabunglah bersama komunitas BINUSIAN.

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Prestasi, kesuksesan dan kemajuan yang telah diraih BINUS University saat ini merupakan hasil kerja keras segenap anggota keluarga besar Bina Nusantara, serta merupakan hasil pembinaan Pemerintah melalui peraturan serta tantangan yang diberikan.

Untuk itu sudah selayaknya kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, khususnya kepada Bapak Menteri dan Wakil Menteri Kementrian Pendidikan Nasional, Bapak Dirjen DIKTI Kementrian Pendidikan Nasional, serta Ibu Koordinator Kopertis Wilayah III, atas semua arahan dan pembinaannya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan beserta para pengurus Yayasan Bina Nusantara dan Board of Management BINUS Group, atas segala arahan dan bimbingannya, terima kasih juga kepada semua anggota keluarga besar Bina Nusantara yang terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa atas kerjasama dan dorongan untuk memajukan Bina Nusantara secara terus-menerus.

Atas nama pimpinan dan staf serta seluruh sivitas akademika BINUS University, sekali lagi kami sampaikan ucapan SELAMAT DAN SEMOGA SUKSES kepada para BINUSIAN 2013 periode dua yang telah berhasil menyelesaikan studinya, dan ucapan SELAMAT DAN TERIMA KASIH juga kami  tujukan kepada para orangtua dan keluarga para BiNusian 2013 atas semua jerih payah dan pengorbanan kepada putra/putri bapak & ibu selama belajar di lingkungan Bina Nusantara dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menyiapkan putra/putri bapak & ibu memasuki dunia profesi di tengah masyarakat.

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan Anggota Senat BINUS University, rekan pimpinan Bina Nusantara dan staf, para dosen, para karyawan, para BiNusian semuanya, seluruh panitia dan anggota Paramabira yang telah mempersiapkan dan bekerja keras melaksanakan kegiatan pelepasan BINUSIAN 2013 periode dua ini. Juga terima kasih kepada para rekanan dan para undangan yang ikut memeriahkan upacara Wisuda hari ini.

Kepada para lulusan,  kembangkan terus kemampuan dalam diri anda agar anda semua selalu dapat berkiprah dalam dunia dan masyarakat dunia. Jangan lupa anda semua merupakan anggota komunitas BINUSIAN yang selalu berkomunikasi dalam pengembangan kemampuan di antara anda. Jangan lupa kepada almamater Univeristas Bina Nusantara yang telah membekali dan menghantar anda untuk meraih kesuksesan pada hari ini.

Bersyukurlah bahwa perjuangan anda telah berhasil menempatkan anda dalam barisan BINUSIAN, yang telah memiliki nama besar di kalangan dunia usaha. Jaga terus nama baik keluarga besar Bina Nusantara, agar cita-cita lembaga ini untuk menjadikan para BINUSIAN sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dapat terealisasi melalui karya anda.

Untuk itu saya ingin berpesan sekali lagi agar anda semua selalu berupaya menyempatkan diri mengunjungi kampus anda melalui dunia maya di www.binus.ac.id, www.binuscareer.com, dan www.binusian.org/alumni untuk meremajakan data diri anda dan memberikan masukan dan tantangan kepada pengelola BINUS. Ingatlah selalu BINUS University sebagai almamater anda.  Marilah secara bersama kita membentuk Komunitas BINUSIAN yang kita banggakan ini.

Jayalah BINUSIAN selalu !

Sekian dan terima kasih.

Jakarta, 17 November 2013
BINUS University
Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Rektor

Tabel 1 Lulusan Angkatan 49 dari segi prestasi akademik

Program studi / Program

Jenjang

Jumlah Lulusan

IPK

Jml Mhs[%]

Lulus tepat waktu

[%]

Masa belajar rata-rata [Th]

Rata-Rata

Ter-tinggi

Ter-rendah

IPK>3,0

2,5-3,0

<2,5

DR (Riset Management)

S3

2

3.59

3.72

3.47

100.00

0.00

0.00

100.00

2.5

MM (Finance)

S2

3

3.28

3.39

3.14

100.00

0.00

0.00

66.67

2.66

MM (Marketing)

S2

8

3.66

3.76

3.37

100.00

0.00

0.00

75.00

1.92

MM (Management)

S2

60

3.48

3.80

3.09

100.00

0.00

0.00

73.33

1.49

Magister Manajemen Sistem Informasi

S2

40

3.58

3.87

3.27

100.00

0.00

0.00

42.50

2.00

Magister Teknik Informatika

S2

17

3.56

3.79

3.27

100.00

0.00

0.00

17.65

2.33

Sistem Informasi

S1

443

2.66

3.71

2.00

18.28

42.66

39.05

91.65

4.19

Information System (BI)

S1

19

3.02

3.83

2.43

42.11

52.63

5.26

94.74

4.16

Komputerisasi Akuntansi

S1

53

2.54

3.28

2.04

3.77

50.94

45.28

86.79

4.48

Teknik Informatika

S1

301

2.63

3.69

2.06

11.30

51.83

36.88

91.69

4.32

Computer Science (BI)

S1

23

3.13

3.89

2.36

52.17

43.48

4.35

95.65

4.17

Teknik Industri

S1

60

3.15

3.97

2.23

58.33

38.33

3.33

100.00

3.83

Teknik Sipil

S1

12

3.05

3.81

2.28

66.67

25.00

8.33

100.00

4.17

Arsitektur

S1

25

3.00

3.77

2.34

44.00

48.00

8.00

100.00

4.08

Sistem Komputer

S1

13

2.50

3.08

2.12

7.69

30.77

61.54

76.92

4.85

Manajemen

S1

177

2.73

3.99

2.03

23.16

43.50

33.33

95.48

4.19

Management (BI)

S1

26

2.85

3.52

2.35

19.23

73.08

7.69

96.15

4.19

Akuntansi

S1

253

2.95

3.92

2.01

46.25

36.36

17.39

98.02

4.11

Accounting (BI)

S1

25

3.12

3.67

2.69

52.00

48.00

0.00

100.00

4.00

International Business (BI)

S1

29

3.07

3.48

2.32

62.07

34.48

3.45

100.00

4.00

Hospitality & Tourism Management (BI)

S1

12

3.15

3.65

2.74

66.67

33.33

0.00

100.00

4.00

Manajemen Perhotelan

D4

78

3.35

3.90

2.53

83.33

16.67

0.00

100.00

4.04

Komunikasi Pemasaran

S1

279

3.02

3.97

2.27

45.52

45.16

9.32

97.85

4.14

Sastra Inggris

S1

60

2.94

3.78

2.25

40.00

53.33

6.67

100.00

4.09

Sastra Jepang

S1

38

3.18

3.89

2.05

68.42

15.79

15.79

84.21

4.66

Sastra Cina

S1

78

3.14

3.96

2.00

58.97

23.08

17.95

97.44

4.19

Psikologi

S1

49

2.85

3.47

2.27

26.53

59.18

14.29

100.00

4.16

Desain Komunikasi Visual Animasi

S1

94

2.92

3.50

2.24

38.30

54.26

7.45

98.94

4.10

Desain Komunikasi Visual New Media

S1

205

3.04

3.85

2.21

56.10

36.59

7.32

97.56

4.12

Desain Interior

S1

37

3.17

3.84

2.58

72.97

27.03

0.00

100.00

4.03

Art and Design (BI)

S1

20

3.06

3.45

2.60

60.00

40.00

0.00

90.00

4.11

Sistem Informasi & Manajemen

S1

46

3.04

3.96

2.31

45.65

45.65

8.70

95.65

5.07

Teknik Informatika & Matematika

S1

29

3.34

3.98

2.21

75.86

13.79

10.34

89.66

5.21

Sistem Informasi & Teknik Industri

S1

15

3.20

3.84

2.37

66.67

26.67

6.67

93.33

5.07

Sistem Informasi & Akuntansi

S1

35

3.26

3.90

2.30

71.43

22.86

5.71

91.43

5.09

Teknik Informatika dan Statistika

S1

13

3.25

3.79

2.73

92.31

7.69

0.00

100.00

5.00

Manajemen dan Teknik Industri

S1

4

3.31

3.49

3.23

100.00

0.00

0.00

100.00

5.00

Komputerisasi Akuntansi

D3

3

2.99

3.19

2.81

33.33

66.67

0.00

100.00

3.00

Total

 

2684

3.09

3.99

2.00

57.00

32.62

10.38

90.22

4.01

Tabel 2 Lulusan Angkatan 49 dari segi usia dan jenis kelamin

Program Studi / Program

Jenjang

Usia Termuda

Usia Tertua

Laki-Laki

Perempuan

Dr (Management)

S3

37

45

2

MM (Finance)

S2

27

31

2

1

MM (Marketing)

S2

25

32

6

2

MM (Management)

S2

22

58

37

23

Magister Manajemen Sistem Informasi

S2

23

53

31

9

Magister Teknik Informatika

S2

23

41

12

5

Sistem Informasi

S1

20

37

347

86

Information System (BI)

S1

20

25

15

4

Komputerisasi Akuntansi

S1

21

29

42

11

Teknik Informatika

S1

21

29

267

34

Computer Science (BI)

S1

20

27

18

5

Teknik Industri

S1

21

32

37

23

Teknik Sipil

S1

22

24

9

3

Arsitektur

S1

21

24

13

12

Sistem Komputer

S1

22

27

10

3

Manajemen

S1

20

47

93

84

Management (BI)

S1

20

26

15

11

Akuntansi

S1

21

33

83

169

Accounting (BI)

S1

20

24

6

19

International Business (BI)

S1

20

25

17

12

Hospitality & Tourism Management (BI)

S1

20

29

1

11

Manajemen Perhotelan

D4

21

29

30

48

Komunikasi Pemasaran

S1

21

29

75

204

Sastra Inggris

S1

21

28

11

49

Sastra Jepang

S1

21

29

8

30

Sastra China

S1

20

36

11

67

Psikologi

S1

21

25

14

35

Desain Komunikasi Visual Animasi

S1

20

27

54

40

Desain Komunikasi Visual New Media

S1

20

27

93

112

Desain Interior

S1

21

26

6

31

Art and Design (BI)

S1

20

24

7

11

Sistem Informasi & Manajemen

S1

22

25

33

13

Teknik Informatika & Matematika

S1

22

29

23

6

Sistem Informasi & Teknik Industri

S1

21

24

14

1

Sistem Informasi & Akuntansi

S1

22

25

15

20

Teknik Informatika dan Statistika

S1

22

24

10

3

Manajemen dan Teknik Industri

S1

23

24

1

3

Komputerisasi Akuntansi

D3

21

21

2

1

Semua jurusan

Tabel 3 Wisudawan/ti yang memperoleh prestasi Summa Cumlaude

No

Jenjang

NIM Nama Program Studi / Program

IPK

1

Strata 1 1200970613 IVAN CHANDRA Teknik Informatika dan Matematika

3.93

2

Strata 1 1200981831 SUFON Teknik Informatika dan Matematika

3.98

3

Strata 1 1200989052 RICHI BECKER Sistem Informasi dan Manajemen

3.91

4

Strata 1 1200989235 SURYANTO Sistem Informasi dan Manajemen

3.96

5

Strata 1 1301018481 SHERLY Teknik Industri

3.97

6

Strata 1 1301019370 JUREYNOLDS Sastra China

3.96

7

Strata 1 1301048950 LENI RIKAYATY Sastra China

3.96

8

Strata 1 1301057394 TIFFANY TANOTO Akuntansi

3.92

9

Strata 1 1301064891 ELLYNA Komunikasi Pemasaran

3.97

Tabel 4 Lulusan dengan IPK tertinggi untuk masing-masing jurusan / program studi

No Jenjang Program Studi / Program

IPK

NIM Nama

1

Strata 3 Dr (Management) 3.72 1340000102 LELI NURYATI

2

Strata 2 MM (Finance) 3.39 1140004572 SELVYNA THERESIA

3

Strata 2 MM (Management) 3.80 1240000524 WILLIAM GOZALI

4

Strata 2 MM (Marketing) 3.76 1140003916 KHARINA WIJAYA

5

Strata 2 MM (Sistem Informasi) 3.87 1132202161 RAINER HANNESTO

6

Strata 2 MM (Teknik Informatika) 3.79 1212400030 ARYAN WIBOWO

7

Strata 1 Accounting  (BI) 3.67 1301026155 STEFANIE JOHAN

8

Strata 1 International Business (BI)

3.48

1301027076 FEBRINA

9

Strata 1 Hospitality & Tourism Management (BI)

3.65

1301026691 SURYANA

10

Strata 1 Akuntansi 3.92 1301057394 TIFFANY TANOTO

11

Strata 1 Arsitektur 3.77 1301059512 HARDY SUANTO

12

Strata 1 Computer Science (BI) 3.89 1301025890 FIONA ANGELINA WIJAYA

13

Strata 1 Desain Interior 3.84 1301059235 MELISSA LIONG

14

Strata 1 Desain Komunikasi Visual-Animasi 3.50 1301035090 YOESDIANTO KURNIAWAN

15

Strata 1 Desain Komunikasi Visual-New Media 3.85 1301010125 ALDO DARMAJA

16

Strata 1 Information Systems (BI) 3.83 1301026590 HENDRYC SATYA POERNOMO LUHUR

17

Strata 1 Komputerisasi Akuntansi 3.28 1301045362 ANTONIUS GIANFRANCO

18

Strata 1 Komunikasi Pemasaran 3.97 1301064891 ELLYNA

19

Strata 1 Management (BI) 3.52 1301026344 ASTRIO FELIGENT TJONG

20

Strata 1 Manajemen 3.99 1201006013 LISYE ALIWINOTO

21

Strata 1 Manajemen dan Teknik Industri 3.49 1200998454 CONSTANCE DORTHEA RENATA

22

Strata 1 Psikologi 3.47 1301038565 ELISA GOWANI

23

Strata 1 Sastra China 3.96 1301019370 JUREYNOLDS
3.96 1301048950 LENI RIKAYATY

24

Strata 1 Sastra Inggris 3.78 1301050021 HANA FEBRIANI

25

Strata 1 Sastra Jepang 3.89 1301033545 STELLA PUTRI

26

Strata 1 Sistem Informasi 3.71 1401160316 CATUR FAJAR FITRIANDI

27

Strata 1 Sistem Informasi dan Akuntansi 3.90 1200969082 JESSICA ANASTASIA

28

Strata 1 Sistem Informasi dan Manajemen 3.96 1200989235 SURYANTO

29

Strata 1 Sistem Informasi dan Teknik Industri 3.84 1201004310 ANDREW VERRAYO LIMAS

30

Strata 1 Sistem Komputer 3.08 1301039896 BAYU PAWITRA

31

Strata 1 Teknik Industri 3.97 1301018481 SHERLY

32

Strata 1 Teknik Informatika 3.69 1301046693 ADITYA PUTRA PRATHAMA
3.69 1301050551 WENDY

33

Strata 1 Teknik Informatika dan Matematika 3.98 1200981831 SUFON

34

Strata 1 Teknik Informatika dan Statistika 3.79 1200972751 TOMMY YOHANES MARTINNO

35

Strata 1 Teknik Sipil 3.81 1301010030 CHRISTIAN HADIWIBAWA

36

Strata 1 Visual Communication Design (BI) 3.46 1301026602 CYNTHIA CALISTA

37

Diploma 4 Manajemen Perhotelan 3.90 1301035084 SEPTIAN HADIWIBOWO

38

Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi 3.19 1401134476 FEPY MEI LINDASARI

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close