People Innovation Excellence

Sambutan Rektor BINUS University Pada Wisuda 50, Selasa 17 Juni 2014

Sambutan Rektor BINUS University

Pada Wisuda 50, Selasa 17 Juni 2014

 

 

Yth. Bpk. Dirjen Pendidkan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional

Yth. Ibu Koordiantor Kopertis Wilayah III

Yth. Bpk. Bernard Gunawan, Ketua Yayasan Bina Nusantara dan CEO BINUS Group, beserta Board of Management

Yth. Anggota Senat dan Dewan Pelantik BINUS University

Yth. Bpk. dan Ibu Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Yth. Pimpinan Lembaga Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Industri dan Bisnis

Yth. Bpk. dan Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkenan hadir dalam acara Wisuda 50 ini

Yth. Rekan-rekan Dosen dan staff BINUS University

Yang sangat saya banggakan , semua wisudawan dan wisudawati angkatan 50 BINUS University

Serta para hadirin sekalian

 

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Pertama-tama dan yang utama, marilah kita selalu panjatkan puji-syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Berkat dan RahmatNya sehingga hari ini kita dapat bersaman-sama menghadiri acara yang penuh kidmat dan kebahagiaan, di gedung yang megah dan indah ini.

 

Hari ini , 17 Juni 2014, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Keluarga Besar sivitas akademika BINUS University, bahwa untuk yang ke-50 kalinya dapat menyelenggarakan acara Wisuda bagi para lulusannya.

 

Hari ini BINUS University akan melepaskan lagi lulusannya sebanyak 2.649 lulusan yang terdiri dari 3 lulusan S3, 231 lulusan S2, 2.345 lulusan S1 Reguler, 59 lulusan S1 Internasional, 6 lulusan D4 dan 5 Lulusan D3.

Pertambahan jumlah lulusan Wisuda 50 ini akan menambah komunitas lulusan BINUS University sehingga menjadi 80.982 orang yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia.

 

Kami yakin dan percaya kontribusi para lulusan atau alumni BINUS University akan dapat berkarya di masyarakat, sekaligus menjadi Leader masa depan yang mampu mengajak dan melakukan perubahan dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa, negara dan dunia.

 

Seluruh Pimpinan Yayasan Bina Nusantara, dan pimpinan BINUS University beserta segenap civitas akademika, mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah anda raih.

Khusus untuk wisuda 50 ini, menjadi sangat istimewa karena BINUS University berhasil mewisuda 3 orang Doktor dari program DRM, yang menjadi lulusan pertama program doktor di bidang manajemen, ketiga doktor tersebut adalah Dr. Sevenpri Candra, Dr. Andy Lunarjanto dan Dr. Elidjen. Keberhasilan ini menjadikan BINUS University menjadi perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan dan menghasilkan lulusan untuk program diploma, sarjana, magister, sampai Doktor. Semoga kehadiran 3 Doktor baru tesebut mampu memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan untuk pengembangan ilmu, serta memotivasi calon-calon doktor yang sekarang sedang mengikuti pendidikan di DRM BINUS University.

 

 

Hari wisuda ini memang hari istimewa untuk anda semua sebagai wisudawan BINUS University, acara hari ini disiapkan dengan sangat serius oleh panitia dan mendapat perhatian penuh dari Pimpinan BINUS University. Semua ini untuk memberikan penghargaan kepada anda semua yang telah berhasil melewati perjalanan panjang sebagai mahasiswa, baik dalam kegiatan studi akademik maupun non akademik.

 

Keberhasilan anda semua yang dirayakan pada hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier dan kehidupan. Masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus anda hadapi; janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan tersebut.

 

Berbekalkan pengetahuan, ketrampilan, budaya belajar, semangat tidak kenal menyerah, dan motivasi tinggi, kami percaya anda semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita.

Jangan berhenti untuk terus belajar, tingkatkan terus segala pengetahuan dan kemampuan anda dalam era global, era ekonomi kreatif yang penuh tantangan dan sekaligus peluang besar ini.

 

Informasi lengkap tentang prestasi dalam Wisuda 50 ini dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah sambutan ini.

 

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya sebagai pimpinan BINUS University ingin menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan Bina Nusantara.

 

BINUS 33th

Pada tanggal 1 Juli 2014 yang akan datang, BINUS University merayakan ulang tahunnya yang ke 33. Ulang tahun itu menunjukkan sudah 33 tahun BINUS berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui pendidikan. Kita semua bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaian, keberhasilan, dan juga prestasi selama 33 tahun berkarya.

Saat ini BINUS University menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan tinggi, baik program reguler diploma dan strata-1, program internasional, maupun program jenjang S2 dan program S3. Perkuliahan dapat dilakukan secara multi channel (global learning system), maupun dilakukan secara lebih fleksibel melalui program Online Learning.

Visi dan Misi BINUS University

Sejak tahun 2008 BINUS University juga telah menetapkan visi dan misi yang selaras dengan visi Yayasan Bina Nusantara, penetapan ini sangat penting sebagai bagian dari strategi untuk menjawab tantangan masa depan.

 

Visi BINUS University  :

A world-class University, …in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Misi BINUS University:

The mission of BINUS University is to contribute to the global community through the provision of world-class education by :

  • Recognizing and rewarding the most creative and value-adding talents
  • Providing a world-class teaching, learning and research experience that fosters excellence in scholarship, innovation and entrepreneurship.
  • Creating outstanding leaders for global community
  • Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society
  • Improving the quality of life of Indonesians and the international community

 

Kebijakan Mutu BINUS University

BINUS University is committed to providing a world-class education with international learning experience that makes positive contributions to the global community

 

Sasaran Mutu BINUS University

  • One out of every three graduates becomes an entrepreneur or is working at a global organization within six months upon graduation
  • 25 innovative legally registered intellectual property per year
  • An average of one international paper per Faculty Member per year
  • 20% of active students gain international experience during their period of study
  • Academic Satisfaction Index of 75%
  • Excellent Stakeholder Satisfaction

 

Semua yang ingin kita capai tentunya perlu diturunkan ke dalam langkah-langkah nyata baik yang sudah, sedang, maupun yang akan dilaksanakan di masa mendatang, dan semuanya itu tertuang di dalam suatu Rencana Strategis BINUS University 20/20.

 

Penghargaan yang diperoleh BINUS University

Upaya kreatif, strategis, dan tidak kenal lelah dari seluruh BINUSIAN, mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Pengakuan atau penghargaan yang diperoleh pada tahun 2014 ini sangatlah banyak dan mempunyai nilai yang membanggakan, baik yang didapatkan di masing-masing jurusan/program studi, center, maupun di tingkat universitas.

Beberapa penghargaan penting yang tercatat di tingkat universitas adalah :

BINUS University memperoleh penghargaan sebagai The Best Private University Kopertis Wilayah III Jakarta tahun 2012 – 2013

–           BINUS University memperoleh peringkat “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk Program Studi Sistem Komputer dan Sistem Informasi

–           BINUS University untuk ketujuh kalinya telah berhasil memperoleh “2013 The Indonesian Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE) Award” dari Dunamis Organization yang bekerja sama dengan Teleos – The KNOW Network dari Inggris dalam bidang pengembangan knowledge management terbaik sebagai institusi yang paling dikenal dan dikagumi oleh masyarakat dalam mengembangkan Knowledge Management bidang pendidikan di Indonesia dan kembali menjadi nominasi untuk kedelapan kalinya di tahun 2014. BINUS University juga merupakan Universitas Swasta pertama yang memperoleh penghargaan ini dan selalu menjadi finalis dan pemenang setiap tahunnya.

–           BINUS University menjadi satu-satunya universitas yang mengikuti Indonesian Quality Award (IQA) mulai dari tahun 2011. BINUS University merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi bersama dengan perusahaan – perusahaan yang sebagian besar merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2013, BINUS University kembali mengikuti IQA dengan hasil “Band of Performance Excellence Achievement” dan “Performance Excellence Score Growth Achievement”.

–           BINUS University mengikuti proses QS Star dan mendapatkan ranking 2 Star

–           BINUS University memperoleh penghargaan MURI dalam mengadakan permainan Ular Tangga Terpanjang.

BINUS University memperoleh Piagam Penghargaan dari Pemda DKI untuk program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

–           Puluhan dosen dan mahasiswa BINUS University berhasil mendapat penghargaan, juara lomba, baik tingkat nasional dan internasional, seperti :

  • Dr. Rinda Hedwiq, Faculty Member jurusan Sistem Komputer, meraih Presented a poster on time resolved measurement of he Plasma Emission for the study of metastable he excited states involving energy transfer di Pakistan
  • Frederikus Fios Faculty Member Character Building, meraih Presentation International Conference on Education and Educational Psychology 2013 di Turkey
  • Tirta Nugraha Mursitama,Ph.D, Head of International Relation Department, menjadi Speaker “Indonesia’s Economic Diplomacy towards ASEAN China Free Trade Agreement” di Taiwan
  • Dr. Shidarta, Head of Bussines Law Department, menjadi Ketua Keanggotaan Majelis Kode Etik Komisi Kejaksaan RI.
  • Julius Wilson dari UKM BNEC menjadi 3rd Runner up Internasional dalam ASTAR Scrabble Challenge International 2014 yang diselenggarakan oleh  University of Malaya. Kualalumpur. Malaysia
  • Diraratri Hendah Gunita, Johan Atmadja mahasiswa jurusan DKV New Media berhasil mendapatkan Top 3 Winners pada kejuaraan International Wakai Art Engine yang diselenggarakan oleh Wakai.
  • Kenny Marpow dari UKM BNEC mendapatkan juara II Story Telling Tingkat Asia pada The 2014 Asian English Olympics competition yang diseleggarakan oleh UKM BNEC
  • Steven Surya dari UKM BNEC mendapatkan Predikat High Game ScrabbleTingkat Asia pada The 2014 Asian English Olympics competition yang diseleggarakan oleh UKM BNEC
  • Evin Calista, Sinta Aprilliana mahasiswa Accounting and Finance Department  berhasil menjadi Second Runner Up pada Paper Competition – Indonesia Accounting Fair 15 tingkat Nasional yang diselenggarkan oleh Universitas Indonesia
  • Susanti, Ivana Beatrice, Mariana mahasiswa Accounting and Finance Department  berhasil menjadi Juara I Accounting Competition tingkat Nasional yang diselenggarkan oleh Universitas Parahyangan
  • Yanuar Satrio Pratomo, Ady Madya Nugraha dari Arsitektur berhasil mendapatkan Juara I Nasional Arbbi Desain Awards 2014 yang diselenggarakan oleh JCC
  • Julfendi, Fan Andrew, Aditya Hartaji, Zefaniyah berhasil mendapatkan Juara IV Nasional pada Lomba Keilmuan Teknik Industri yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.
  • Kartika Rachma mahasiswa jurusan Sastra Inggris berhasil mendapatkan Juara III Nasional pada The ICON 2014 dalam bidang News Casting yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara.
  • Julius Wilson dari BNEC berhasil mendapatkan Juara I Nasional pada The ICON 2014 dalam bidang Scrabble yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara.
  • Kenny Marpow dari BNEC berhasil mendapatkan Juara I Nasional pada The ICON 2014 dalam bidang Story Telling yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara.
  • Wendijo dari BNEC berhasil mendapatkan Juara III Nasional pada The ICON 2014 dalam bidang Spelling Bee yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara.
  • Marcellino Yohanes, Dina Putri Ana, Milda Yunita Sari Tim Psikologi menjadi Juara II cerdas cermat Tingkat Nasional pada kontest Psychosmart – Psychovillage V yang diselenggarakan oleh UPH, Karawachi.
  • Bellinda Prayoga, Fifilia, Dewi Suryani Tim SOCS berhasil mendapatkan Juara III Nasional pada Software Development Competition TechnoCorner 2014 yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada
  • Muhammad Olga Pratama dan Vincent Abraham mahasiswa dari jurusan Teknik Industri menjadi pemenang ke 3 tingkat nasional pada Industrial Statistic Poster Competition 2014.
  • Felicia Kosasih, Rico Cahyadi, Sony Wijaya dan Yanti berhasil menjadi Tim peraih peringkat 1 Tingkat nasional dalam Earthquake Resistant Building Competition 2014 yang diselenggarakan oleh UPH.
  • Johanna Chandra mahasiswa DKV New Media menjadi Juara I Nasional pada Eggster Design Competition yang diselenggarakan oleh Central Park Mall.
  • Johan Atmadja mahasiswa DKV New Media menjadi Juara II Nasional pada Eggster Design Competition yang diselenggarakan oleh Central Park Mall.
  • Muhammad Olga Pratama dan Vincent Abraham menjadi Juara II tingkat Nasional pada Industrial Statistic Poster Competition 2014 yang diselenggarakan oleh Universitas Petra.
  • Arya Wanamarta mahasiswa Jurusan Psikologi menjadi juara Juara II Nasional pada lomba Potografi Kampung Seni Psikologi (KASEP) UNISBA
  • Savira Rizki Pradiati mahasiswa Hotel Management mendapat medali BRONZE  untuk kategori Pasta Dishes dalam kejuaraan Bali Salon Culinaire yang diselenggarakan oleh Bali Culinary Professionals.
  • Yosie Aprilianto dari BNCC menjadi menjadi juara I Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Techno Update – Let’s Update It pada kategori Overclocking competition yang diselenggarakan www.JagatReview.com & Intel Indonesia.
  • Alvin Johanes dari BNCC menjadi menjadi juara II Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Techno Update – Let’s Update It pada kategori Overclocking competition yang diselenggarakan www.JagatReview.com & Intel Indonesia.
  • Keith Harris Kristanto dari BNCC menjadi menjadi juara III Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Techno Update – Let’s Update It pada kategori Overclocking competition yang diselenggarakan www.JagatReview.com & Intel Indonesia.
  • Willyana, Noviantho, Adhy Wiranata Prasetyo, Hendry Setiadi dan Zuhdi Robbani dari BNCC menjadi menjadi juara II Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan HIMSISFO Competition EXPLODEpada kategori Mobile Apps Competition yang diselenggarakan Himpunan Sistem Informasi (HIMSISFO) Binus.
  • Jayce Samantha Karim mahasiswa DKV Animasi menjadi Juara tiga Tingkat Jabodetabek pada lomba Speed Painting Competition yang diselenggarakan oleh Brush Studio dan Wacom.
  • Erlando Stevano dari UKM Karate menjadi juara III Nasional pada kejuaran KASAD Cup 2014 pada kategori Kata Perorangan Putra yang diselenggarakan oleh PB FORKI.
  • UKM Sepak Bola menjadi Juara I Sejabodetabek pada kejuaraan Futsal ASA Friendship Cup 2014 yang diselenggarakan oleh Jakarta International School.
  • Hardianto dari UKM Badminton menjadi Juara I Tunggal Putra Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Liga Merah Maroon  yang di selenggarakan oleh  Universitas Bakrie.
  • UKM Badminton menjadi Juara I Ganda Putra (Perorangan) Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Liga Merah Maroon  yang di selenggarakan oleh  Universitas Bakrie.
  • UKM Badminton menjadi Juara II Ganda  Campuran (Perorangan) Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Liga Merah Maroon  yang di selenggarakan oleh  Universitas Bakrie.
  • Wilson Hardianto dari UKM Badminton menjadi Juara III Tunggal Putra Tingkat Jabodetabek pada kejuaraan Liga Merah Maroon  yang di selenggarakan oleh  Universitas Bakrie.
  • Tim B-Voice menjadi Juara I pada Communication Avenue: radio Announcing Competitionyang diselenggarakan oleh UPH.
  • UKM Band meraih Juara II Festival Band-Funtastic III “Fun with Acoustic” yang diselenggarakan olehUSB Trisakti.
  • UKM Sepakbola Alsut menjadi Juara I pada kejuaraan Liga Merah Maroon  yang di selenggarakan oleh  Universitas Bakrie.

 

 

–           Penghargaan dalam bentuk juara lomba dalam banyak kompetisi Nasional dan Internasional juga diperoleh jurusan dan center BINUS University, semuanya ini memberikan motivasi untuk terus mencapai yang terbaik.

 

Upaya Strategis yang sedang dan akan dilakukan oleh BINUS University

Sebagai upaya nyata mencapai world class university, BINUS University menetapkan 8 (delapan) sasaran strategis , yaitu :

  1. meningkatnya daya saing lulusan BINUS University, sehingga mampu mengisi semua peluang sebagai profesional di perusahaan/organisasi global maupun menjadi enterpreneur yang sukses, terutama dengan adanya ASEAN Community tahun 2015.
  2. meningkatnya jumlah karya inovasi dan unggulan yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga memberikan solusi untuk pembangunan bangsa Indonesia dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan layanan profesional.
  3. meningkatnya kualitas akademik dengan menerapkan standard akademik internasional, global learning system, dan peningkatan kualitas faculty member.
  4. terbangunnya budaya dan kemampuan penelitian dan publikasi yang memberikan dampak tinggi pada masyarkat
  5. tercapainya upaya kerja sama strategis dengan semua mitra dalam dan luar negeri untuk memperkuat kompetensi BINUS University dan sekaligus mempertegas kehadiran BINUS University di forum nasional dan internasional
  6. semakin banyak dan tingginya pengakuan global dari seluruh stakeholder terhadap BINUS University, termasuk didalamnya tercapainya akreditasi nasional, internasional, maupun pengakuan rangking BINUS University di tingkat Asia dan dunia
  7. tercapainya kondisi university of choice untuk BINUS University
  8. tercapainya kondisi pertumbuhan yang berkelanjutan dari BINUS University, sehingga mampu memberikan layanan akademik yang lebih besar dan luas kepada masyarakat dan stakeholder.

 

Terkait dengan pengembangan infrastruktur , BINUS University sedang menyiapkan kampus utama di Alam Sutra sebagai kampus pengembangan berikutnya dari kampus yang sudah ada. Kampus utama Alam Sutra sudah Topping Off pada 26 Maret 2014 yang lalu dan akan mulai dioperasionalkan pada September 2014.

 

Komitmen, dedikasi yang tinggi dan semangat tidak kenal menyerah dari seluruh BINUSIAN, serta dengan lindungan Tuhan, akan memberikan jaminan pencapaian itu semua.

Kami percaya pada akhirnya BINUS University akan mendapatkan pengakuan world class university yang sesungguhnya dari masyarakat global dan semuanya itu untuk kepentingan seluruh mahasiswa, alumni, dosen, orang tua, pelaku industri , masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

 

Komunitas BINUSIAN

Guna mewujudkan jaringan di antara para BINUSIAN maka sejak tahun 1999 telah dibentuk komunitas BINUSIAN.  Dalam era global saat ini sangat dibutuhkan jaringan untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi di antara para BINUSIAN. Komunitas BINUSIAN akan menjadi besar dan kuat pada masa mendatang sehingga antara satu dengan lainnya mempunyai ikatan emosional yang kuat sebagai mahasiswa, alumni, karyawan, dosen dan pengelola BINUS University, pendidikan Bina Nusantara dan juga institusi pelatihan Bina Nusantara. Para BINUSIAN akan saling bertukar informasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan ide dan usaha, dan menangkap peluang untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Komunitas BINUSIAN akan tumbuh dan mekar dalam jaringan yang bersifat global melampau batas negara guna membentuk jaringan secara internasional.

 

Usaha dan kegiatan dalam menghimpun komunitas BINUSIAN dilakukan melalui sarana BINUS Career yang merupakan unit kerja sebagai jembatan antara BINUS University dengan dunia usaha dan juga yang menjembatani antara BINUS University dengan para alumninya.

BINUS Career dapat menyalurkan para lulusannya dan mengkomunikasikan peluang pekerjaan dari dunia usaha kepada para BINUSIAN dan menyampaikan informasi kepada BINUSIAN yang akan meneruskan studinya baik di dalam negeri maupun di manca negara. BINUS Career juga berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia usaha yang merupakan masukan yang sangat berguna dalam mengemas kurikulum program studi di BINUS University. Sarana yang dapat digunakan dalam berkomunikasi saat ini dapat melalui www.binuscareer.com yang merupakan portal penghubung dan pemersatu para BINUSIAN.

Untuk itu kami mengajak kepada para lulusan agar senantiasa mengupdate data pribadi masing-masing, prestasi, dan masukan bagi BINUS University termasuk kebutuhan tenaga kerja yang dapat dilakukan melalui homepage tersebut di atas. BINUS Career juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan secara langsung para alumni BINUS University sehingga wadah ini tidak hanya merupakan jembatan antara BINUS University dengan para alumninya tetapi juga jembatan antar alumni itu sendiri. Untuk itu jangan ragu, klik www.binusian.org/alumni dan bergabunglah bersama komunitas BINUSIAN.

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Prestasi, kesuksesan dan kemajuan yang telah diraih BINUS University saat ini merupakan hasil kerja keras segenap anggota keluarga besar Bina Nusantara, serta merupakan hasil pembinaan Pemerintah melalui peraturan serta tantangan yang diberikan.

Untuk itu sudah selayaknya kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, khususnya kepada Bapak Menteri dan Wakil Menteri Kementrian Pendidikan Nasional, Bapak Dirjen DIKTI Kementrian Pendidikan Nasional, serta Ibu Koordinator Kopertis Wilayah III, atas semua arahan dan pembinaannya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan beserta para pengurus Yayasan Bina Nusantara dan Board of Management BINUS Group, atas segala arahan dan bimbingannya, terima kasih juga kepada semua anggota keluarga besar Bina Nusantara yang terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa atas kerjasama dan dorongan untuk memajukan Bina Nusantara secara terus-menerus.

Atas nama pimpinan dan staf serta seluruh sivitas akademika BINUS University, sekali lagi kami sampaikan ucapan SELAMAT DAN SEMOGA SUKSES kepada para BINUSIAN 2014 periode satu yang telah berhasil menyelesaikan studinya, dan ucapan SELAMAT DAN TERIMA KASIH juga kami  tujukan kepada para orangtua dan keluarga para BiNusian 2014 atas semua jerih payah dan pengorbanan kepada putra/putri bapak & ibu selama belajar di lingkungan Bina Nusantara dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menyiapkan putra/putri bapak & ibu memasuki dunia profesi di tengah masyarakat.

 

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan Anggota Senat BINUS University, rekan pimpinan Bina Nusantara dan staf, para dosen, para karyawan, para BiNusian semuanya, seluruh panitia dan anggota Paramabira yang telah mempersiapkan dan bekerja keras melaksanakan kegiatan pelepasan BINUSIAN 2014 periode satu ini. Juga terima kasih kepada para rekanan dan para undangan yang ikut memeriahkan upacara Wisuda hari ini.

Kepada para lulusan,  kembangkan terus kemampuan dalam diri anda agar anda semua selalu dapat berkiprah dalam dunia dan masyarakat dunia. Jangan lupa anda semua merupakan anggota komunitas BINUSIAN yang selalu berkomunikasi dalam pengembangan kemampuan di antara anda. Jangan lupa kepada almamater Univeristas Bina Nusantara yang telah membekali dan menghantar anda untuk meraih kesuksesan pada hari ini.

Bersyukurlah bahwa perjuangan anda telah berhasil menempatkan anda dalam barisan BINUSIAN, yang telah memiliki nama besar di kalangan dunia usaha. Jaga terus nama baik keluarga besar Bina Nusantara, agar cita-cita lembaga ini untuk menjadikan para BINUSIAN sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dapat terealisasi melalui karya anda.

Untuk itu saya ingin berpesan sekali lagi agar anda semua selalu berupaya menyempatkan diri mengunjungi kampus anda melalui dunia maya di www.binus.ac.id, www.binuscareer.com, dan www.binusian.org/alumni untuk meremajakan data diri anda dan memberikan masukan dan tantangan kepada pengelola BINUS. Ingatlah selalu BINUS University sebagai almamater anda.  Marilah secara bersama kita membentuk Komunitas BINUSIAN yang kita banggakan ini.

Jayalah BINUSIAN selalu !

Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 17 Juni 2014

 

BINUS University

 

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Rektor

 

 

Tabel 1 Lulusan Angkatan 50 dari segi prestasi akademik

Program studi / Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu

[%]

Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-tinggi Ter-rendah IPK>3,0 2,5-3,0 <2,5
DR (Riset in Management) S3 3 3.52 3.64 3.29 100.00 0.00 0.00 100.00 2.5
MM (Finance) S2 28 3.46 3.93 3.09 100.00 0.00 0.00 75.00 2.00
MM (Marketing) S2 25 3.48 3.69 3.24 100.00 0.00 0.00 92.00 1.67
MM (Management) S2 109 3.42 3.86 3.04 100.00 0.00 0.00 76.15 2.33
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 43 3.56 3.86 3.30 100.00 0.00 0.00 32.56 5.00
Magister Teknik Informatika S2 26 3.60 3.87 3.36 100.00 0.00 0.00 23.08 5.00
Sistem Informasi S1 717 3.01 3.96 2.00 52.86 29.01 18.13 97.07 3.39
Information System (BI) S1 3 2.93 3.13 2.81 33.30 66.70 0.00 100.00 4.17
Komputerisasi Akuntansi S1 117 3.09 3.97 2.03 58.12 29.91 11.97 94.87 3.90
Teknik Informatika S1 902 3.18 3.99 2.01 66.85 23.50 9.65 98.67 3.68
Computer Science (BI) S1 4 2.72 3.60 2.38 25.00 75.00 0.00 100.00 4.25
Teknik Industri S1 19 3.04 3.44 2.55 63.16 36.84 0.00 100.00 3.39
Teknik Sipil S1 4 2.69 3.10 2.32 25.00 25.00 50.00 100.00 5.50
Arsitektur S1 14 2.50 3.00 2.24 0.00 57.14 42.86 71.43 5.64
Sistem Komputer S1 31 2.87 3.96 2.01 35.48 29.03 35.48 90.32 4.24
Manajemen S1 250 3.07 3.99 2.07 54.18 34.66 11.16 97.21 3.57
Management (BI) S1 26 3.06 3.85 2.16 65.40 34.60 0.00 92.00 3.88
Akuntansi S1 34 2.66 3.78 2.06 23.53 32.35 44.12 94.12 4.41
Accounting (BI) S1 14 2.99 3.68 2.35 53.80 46.20 0.00 85.00 4.35
International Business (BI) S1 3 2.60 2.92 2.41 0.00 100.00 0.00 100.00 4.50
Hospitality & Tourism Management (BI) S1 2 3.00 3.35 2.64 50.00 50.00 0.00 100.00 4.50
Manajemen Perhotelan D4 6 2.89 3.08 2.49 33.33 50.00 16.67 100.00 4.50
Komunikasi Pemasaran S1 40 2.60 3.31 2.07 10.00 42.50 47.50 97.50 4.89
Sastra Inggris S1 25 3.16 3.99 2.10 56.00 28.00 16.00 84.00 4.60
Sastra Jepang S1 15 3.11 3.84 2.33 66.67 13.33 20.00 80.00 4.90
Sastra Cina S1 15 2.40 2.71 2.00 0.00 33.33 66.67 80.00 5.27
Psikologi S1 33 2.89 3.96 2.19 39.39 30.30 30.30 90.91 4.32
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 59 2.79 3.59 2.23 22.03 64.41 13.56 93.22 4.82
Desain Komunikasi Visual New Media S1 29 2.76 3.63 2.25 13.79 65.52 20.69 86.21 5.03
Desain Interior S1 9 2.95 3.48 2.71 22.22 77.78 0.00 100.00 4.61
Art and Design (BI) S1 7 2.98 3.18 2.79 57.10 42.90 0.00 100.00 4.50
Sistem Informasi & Manajemen S1 18 2.75 3.28 2.15 16.67 61.11 22.22 88.89 5.72
Teknik Informatika & Matematika S1 3 2.75 2.85 2.63 0.00 100.00 0.00 100.00 5.50
Sistem Informasi & Teknik Industri S1 3 2.67 2.83 2.52 0.00 100.00 0.00 66.67 5.50
Sistem Informasi & Akuntansi S1 5 2.72 3.17 2.48 20.00 60.00 20.0 60.00 5.90
Teknik Informatika dan Statistika S1 1 2.35 2.35 2.35 0.00 0.00 100.00 0.00 7.50
Manajemen dan Teknik Industri S1 2 3.47 3.72 3.21 100.00 0.00 0.00 100.00 5.50
Komputerisasi Akuntansi D3 5 2.51 2.79 2.09 0.00 60.00 40.00 100.00 3.70
Total   2649 2.95 3.99 2.00 43.79 39.45 16.76 85.44 4.44

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 2 Lulusan Angkatan 50 dari segi usia dan jenis kelamin

Program Studi / Program

Jenjang

Usia Termuda

Usia Tertua

Laki-Laki

Perempuan

Dr (Riset in Management)

S3

36

44

3

0

MM (Finance) er”>40
Magister Manajemen Sistem Informasi

S2

23

51

29

14

Magister Teknik Informatika

S2

23

43

23

3

Sistem Informasi

S1

20

53

522

195

Information System (BI)

S1

21

24

2

1

Komputerisasi Akuntansi

S1

20

28

48

69

Teknik Informatika

S1

20

30

692

210

Computer Science (BI)

S1

22

26

4

0

Teknik Industri

S1

23

28

11

8

Teknik Sipil

S1

24

25

2

2

Arsitektur

S1

21

27

8

6

Sistem Komputer

S1

22

29

30

1

Manajemen

S1

21

44

106

145

Management (BI)

S1

20

29

15

11

Akuntansi

S1

22

32

19

15

Accounting (BI)

S1

21

24

9

4

International Business (BI)

S1

23

24

3

0

Hospitality & Tourism Management (BI)

S1

23

24

0

2

Manajemen Perhotelan

D4

23

32

2

4

Komunikasi Pemasaran

S1

22

29

18

22

Sastra Inggris

S1

21

32

10

15

Sastra Jepang

S1

23

28

1

14

Sastra China

S1

21

27

5

10

Psikologi

S1

22

26

6

27

Desain Komunikasi Visual Animasi

S1

22

29

38

21

Desain Komunikasi Visual New Media

S1

22

28

17

12

Desain Interior

S1

23

25

3

6

Art and Design (BI)

S1

21

26

3

4

Sistem Informasi & Manajemen

S1

23

28

12

6

Teknik Informatika & Matematika

S1

23

26

2

1

Sistem Informasi & Teknik Industri

S1

24

26

1

2

Sistem Informasi & Akuntansi

S1

23

25

3

2

Teknik Informatika dan Statistika

S1

25

25

1

0

Manajemen dan Teknik Industri

S1

24

24

1

1

Komputerisasi Akuntansi

D3

21

23

1

4

Semua jurusan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 3 Wisudawan/ti yang memperoleh prestasi Summa Cumlaude

No

Jenjang

NIM Nama Program Studi / Program

IPK

1

Strata 2 1240001344 TRISNAWATI MAITREYA MM (Finance)

3.93

2

Strata 1 1401114316 ARIE Sistem Komputer

3.96

3

Strata 1 1401092611 FELICIA RATNA CHANDRA DEWI Sistem Informasi

3.94

4

Strata 1 1401092435 FLORENCIA IRENA Sistem Informasi

3.94

5

Strata 1 1401094371 YEDIVA Sistem Informasi

3.94

6

Strata 1 1401114120 CYNTHIA EVELINA WIJAYA Sistem Informasi

3.92

7

Strata 1 1401115155 DEVI NOVITA Sistem Informasi

3.92

8

Strata 1 1401108446 ALWARD GUTAMA PELAWI Sistem Informasi

3.92

9

Strata 1 1401101471 GIOVANI Komputerisasi Akuntansi

3.97

10

Strata 1 1401114695 JULIANTI Komputerisasi Akuntansi

3.92

11

Strata 1 1401115691 SHIANY Teknik Informatika

3.99

12

Strata 1 1401126026 WILLY LAZUARDI Teknik Informatika

3.99

13

Strata 1 1401096452 ABRAHAM THEODORUS Teknik Informatika

3.99

14

Strata 1 1401099624 IRENE FELITA Teknik Informatika

3.99

15

Strata 1 1401079263 SILVIA Teknik Informatika

3.99

16

Strata 1 1401094983 SHERLY Teknik Informatika

3.99

17

Strata 1 1401100935 TEDDY Teknik Informatika

3.98

18

Strata 1 1401118794 EDISON SARMIN Teknik Informatika

3.97

19

Strata 1 1401098760 ANDY WIJAYA Teknik Informatika

3.97

20

Strata 1 1401096351 MARTINA MEGASARI Teknik Informatika

3.97

21

Strata 1 1401134993 ZSA ZSA LAUDITTA Teknik Informatika

3.97

22

Strata 1 1401096515 MELLISA PRATIWI Teknik Informatika

3.96

23

Strata 1 1401096931 RICHARD FELIX Teknik Informatika

3.96

24

Strata 1 1401100411 NICO CHAYADI Teknik Informatika

3.96

25

Strata 1 1401092523 POLIM KUSUMA Teknik Informatika

3.94

26

Strata 1 1401118333 LAWRENTIUS SIANGJAYA LAWUNUGRAHA Teknik Informatika

3.94

27

Strata 1 1401118970 HERMAWAN Teknik Informatika

3.94

28

Strata 1 1401119121 ERWANDA Teknik Informatika

3.94

29

Strata 1 1401119134 KARINA GUNAWAN Teknik Informatika

3.94

30

Strata 1 1401123195 JESSICA LYDIA PERMATA Teknik Informatika

3.94

31

Strata 1 1401103514 KRISTINA KURNIA Teknik Informatika

3.94

32

Strata 1 1401104170 ALFONS NATANAEL Teknik Informatika

3.94

33

Strata 1 1401117293 DONI NATHANIEL PRANAMA Teknik Informatika

3.94

34

Strata 1 1401096282 FLORENCE TJANDRA Teknik Informatika

3.93

35

Strata 1 1401092813 LIVIA ASHIANTI Teknik Informatika

3.92

36

Strata 1 1401097966 JEKLIN HAREFA Teknik Informatika

3.92

37

Strata 1 1401104630 MEISY FORTUNATUS Teknik Informatika

3.92

38

Strata 1 1401102700 KORNELIUS IRFANDHI Teknik Informatika

3.92

39

Strata 1 1401141916 YOSUA ALVIN Teknik Informatika

3.91

40

Strata 1 1401128990 MARCELLA MARSETIANI Manajemen

3.99

41

Strata 1 1401096641 SYLVIA VALENTINA CHOADINATA Manajemen

3.94

42

Strata 1 1401073846 NATASHA WAHYUDIHARDJO Sastra Inggris

3.99

43

Strata 1 1401073966 ANASTASIA TEORIMAN Psikologi

3.96

44

Strata 1 1501208052 CLARA MAROLYN SIAHAAN Sistem Informasi

3.96

45

Strata 1 1501202370 RIANA Manajemen

3.97

Tabel 4 Lulusan dengan IPK tertinggi untuk masing-masing jurusan / program studi

No Jenjang Program Studi / Program

IPK

NIM Nama

1

Strata 3 Dr (Riset in Management)) 3.64 1440000173 ELIDJEN

2

Strata 2 MM (Finance) 3.93 1240001344 TRISNAWATI MAITREYA

3

Strata 2 MM (Management) 3.78 1140003954 DANNARJAYA HARINTA SRI

4

Strata 2 MM (Marketing) 3.69 1240000890 JOSIAS ROLANDPUTRA

5

Strata 2 MM (Sistem Informasi) 3.86 1212201620 RIA WIBOWO

6

Strata 2 MM (Teknik Informatika) 3.87 1222402316 RINI

7

Strata 1 Accounting  (BI) 3.68 1401088324 ERIC GUNAWAN

8

Strata 1 International Business (BI)

2.92

1301062583 MUHAMMAD HAYKAL KAMIL

9

Strata 1 Hospitality & Tourism Management (BI)

3.35

1301026193 TIFFANY THENDEAN

10

Strata 1 Akuntansi 3.78 1501207882 CHRISTA ALFARIA

11

Strata 1 Arsitektur 3.00 1301070111 HANNA KIRANA INDRASTI

12

Strata 1 Computer Science (BI) 3.60 1401090190 FEBNDY

13

Strata 1 Desain Interior 3.48 1301057274 HENNY

14

Strata 1 Desain Komunikasi Visual-Animasi 3.59 1301010314 DWIASIH ANNISA FITRIANI

15

Strata 1 Desain Komunikasi Visual-New Media 3.63 1301040941 CLAUDIA NATALIA LIAWINATA

16

Strata 1 Information Systems (BI) 3.13 1301026426 ANGEL FLONIS

17

Strata 1 Komputerisasi Akuntansi 3.97 1401101471 GIOVANI

18

Strata 1 Komunikasi Pemasaran 3.31 1200982576 YONAS

19

Strata 1 Management (BI) 3.85 1401088942 CAROLINE HERLINA

20

Strata 1 Manajemen 3.99 1401128990 MARCELLA MARSETIANI

21

Strata 1 Manajemen dan Teknik Industri 3.72 1200953374 DEWI CHRISTIN

22

Strata 1 Psikologi 3.96 1401073966 ANASTASIA TEORIMAN

23

Strata 1 Sastra China 2.71 1200947270 MEILINDA CIPUTRI WIJAYA

24

Strata 1 Sastra Inggris 3.99 1401073846 NATASHA WAHYUDIHARDJO

25

Strata 1 Sastra Jepang 3.84 1301044776 AITY CHRISTINA

26

Strata 1 Sistem Informasi 3.96 1501208052 CLARA MAROLYN SIAHAAN

27

Strata 1 Sistem Informasi dan Akuntansi

3.17

1200952730

AUGUSTINUS ASSISTANTYA SURYAPUTRA

28

Strata 1 Sistem Informasi dan Manajemen 3.28 1000872274 OLLY PRABIANTO BAIDHOWI

29

Strata 1 Sistem Informasi dan Teknik Industri 2.83 1100008300 NICKY EUGENE ATALIE

30

Strata 1 Sistem Komputer 3.96 1401114316 ARIE

31

Strata 1 Teknik Industri 3.44 1501244221 GETSHA NAGISTA

32

Strata 1 Teknik Informatika 3.99 1401079263 SILVIA
3.99 1401094983 SHERLY
3.99 1401096452 ABRAHAM THEODORUS
3.99 1401126026 WILLY LAZUARDI
3.99 1401099624 IRENE FELITA
3.99 1401115691 SHIANY

33

Strata 1 Teknik Informatika dan Matematika 2.85 1200957132 PETER PRANATA

34

Strata 1 Teknik Informatika dan Statistika 2.35 1000850456 FARIZ ABDILLAH

35

Strata 1 Teknik Sipil 3.10 1201000123 MARCELA MERELIN SETIADI

36

Strata 1 Visual Communication Design (BI) 3.18 1301062545 TANTYA SARADINA

37

Diploma 4 Manajemen Perhotelan 3.08 1301022106 PEBRIANI

38

Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi 2.79 1401082466 DITA CHANTIKA

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close