People Innovation Excellence

Sambutan Rektor BINUS University Pada Wisuda 51

Sambutan Rektor BINUS University

Pada Wisuda 51, Senin 1 Desember 2014

 

 

Yth. Bpk. Dirjen Pendidkan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional

Yth. Ibu Koordiantor Kopertis Wilayah III

Yth. Bpk. Bernard Gunawan, Ketua Yayasan Bina Nusantara dan CEO BINUS Group, beserta Board of Management

Yth. Anggota Senat dan Dewan Pelantik BINUS University

Yth. Bpk. dan Ibu Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Yth. Pimpinan Lembaga Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Industri dan Bisnis

Yth. Bpk. dan Ibu Kepala Sekolah BULC (BINUS UNIVERSITY Learning Community), yang merupakan sekolah mitra dari BINUS UNIVERSITY, dimana pada hari ini, beberapa alumninya menjadi wisudawan terbaik.
Yth. Bpk. dan Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkenan hadir dalam acara Wisuda 51 ini

Yth. Rekan-rekan Dosen dan staff BINUS University

Yang sangat saya banggakan , semua wisudawan dan wisudawati angkatan 51 BINUS University

Serta para hadirin sekalian

 

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Pertama-tama dan yang utama, marilah kita selalu panjatkan puji-syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Berkat dan RahmatNya sehingga hari ini kita dapat bersama-sama menghadiri acara yang penuh kidmat dan kebahagiaan, di gedung yang megah dan indah ini.

 

Hari ini, 1 Desember 2014, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Keluarga Besar Sivitas Akademika BINUS University, bahwa untuk yang ke-51 kalinya dapat menyelenggarakan acara wisuda bagi para lulusannya.

 

Hari ini BINUS University akan melepaskan lagi lulusannya sebanyak 3.145 lulusan yang terdiri dari 4 lulusan S3, 277 lulusan S2, 2.585 lulusan S1 Reguler, 172 lulusan S1 Internasional, 102 lulusan D4 dan 5 Lulusan D3.

Pertambahan jumlah lulusan Wisuda 51 ini akan menambah komunitas lulusan BINUS University sehingga menjadi 84.162 orang yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia.

 

Kami yakin dan percaya kontribusi para lulusan atau alumni BINUS University akan dapat berkarya di masyarakat, sekaligus menjadi Leader masa depan yang mampu mengajak dan melakukan perubahan dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa, negara dan dunia.

 

Seluruh Pimpinan Yayasan Bina Nusantara, dan pimpinan BINUS University beserta segenap civitas akademika, mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah Anda raih.

 

Khusus untuk Wisuda 51 ini, menjadi sangat istimewa karena BINUS University berhasil meluluskan 4 orang Doktor dari program DRM. Keempat doktor tersebut adalah Dr. Lukas Siswanto Tanutama, Dr. Irwan Djaja, Dr. Mardi dan Dr. Julisar.  Keberhasilan ini menjadikan BINUS University menjadi perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan dan menghasilkan lulusan untuk program diploma, sarjana, magister, sampai doktor. Semoga kehadiran 4 Doktor baru tesebut mampu memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan untuk pengembangan ilmu, serta memotivasi calon-calon doktor yang sekarang sedang mengikuti pendidikan di DRM BINUS University.

 

Selain itu pada wisuda 51 ini, BINUS University juga meluluskan pertama kalinya 1 orang Sarjana dari program studi Film, 2 orang Sarjana dari program Fashion Design dan 4 orang Sarjana dari program Fashion Management. Sungguh suatu prestasi yang membanggakan bagi kita semua.

 

Hari wisuda ini menjadi hari istimewa untuk Anda semua sebagai wisudawan BINUS University, acara hari ini disiapkan dengan sangat serius oleh panitia dan mendapat perhatian penuh dari Pimpinan BINUS University. Semua ini untuk memberikan penghargaan kepada Anda semua yang telah berhasil melewati perjalanan panjang sebagai mahasiswa, baik dalam kegiatan studi akademik maupun non akademik.

 

Keberhasilan Anda semua yang dirayakan pada hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier dan kehidupan. Masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus Anda hadapi; janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan tersebut.

 

Berbekalkan pengetahuan, ketrampilan, budaya belajar, semangat tidak kenal menyerah, dan motivasi tinggi, kami percaya Anda semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita.

Jangan berhenti untuk terus belajar, tingkatkan terus segala pengetahuan dan kemampuan Anda, apalagi pada tahun 2015, Indonesia memasuki era baru dalam perekonomian global yang kita sebut dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sebagai sebuah integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara, yang penuh tantangan dan sekaligus peluang besar ini. Oleh karena itu, tiba saatnya untuk memaksimalkan inovasi, kreatifitas dan produktivitas daripada hanya sekadar membanggakan kekayaan alam tapi tidak mengolahnya dengan bijaksana.

 

Melengkapi hari istimewa ini, kami sampaikan informasi lengkap tentang prestasi dalam Wisuda 51 yang dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah sambutan ini.

 

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya sebagai pimpinan BINUS University ingin menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan Bina Nusantara.

 

BINUS 33th

Pada tanggal 1 Juli 2014 yang lalu, BINUS University merayakan ulang tahunnya yang ke 33. Ulang tahun itu menunjukkan sudah 33 tahun BINUS berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui pendidikan. Kita semua bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaian, keberhasilan, dan juga prestasi selama 33 tahun berkarya.

Saat ini BINUS University menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan tinggi, baik program reguler diploma dan strata-1, program internasional, maupun program jenjang S2 dan program S3. Perkuliahan dapat dilakukan secara multi channel (global learning system), maupun dilakukan secara lebih fleksibel melalui program Online Learning.

 

Dan yang membanggakan, pada tahun 2014 ini, Binus University menjadi satu-satunya universitas swasta yang mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Program Studi S1 – Manajemen dan Program Studi S1- Sistem Informasi, sehingga semakin besar kesempatan masyarakat dimanapun berada untuk mendapatkan layanan pendidikan berkuliatas BINUS University

 

Visi dan Misi BINUS University

Sejak tahun 2008 BINUS University juga telah menetapkan visi dan misi yang selaras dengan visi Yayasan Bina Nusantara, penetapan ini sangat penting sebagai bagian dari strategi untuk menjawab tantangan masa depan.

 

 

 

Visi BINUS University  :

A world-class University, …in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Misi BINUS University:

The mission of BINUS University is to contribute to the global community through the provision of world-class education by :

  • Recognizing and rewarding the most creative and value-adding talents
  • Providing a world-class teaching, learning and research experience that fosters excellence in scholarship, innovation and entrepreneurship.
  • Creating outstanding leaders for global community
  • Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society
  • Improving the quality of life of Indonesians and the international community

 

Kebijakan Mutu BINUS University

BINUS University is committed to providing a world-class education with international learning experience that makes positive contributions to the global community

 

Semua yang ingin kita capai tentunya perlu diturunkan ke dalam langkah-langkah nyata baik yang sudah, sedang, maupun yang akan dilaksanakan di masa mendatang, dan semuanya itu tertuang di dalam suatu Rencana Strategis BINUS University 20/20.

 

Penghargaan yang diperoleh BINUS University

Upaya kreatif, strategis, dan tidak kenal lelah dari seluruh BINUSIAN, mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Pengakuan atau penghargaan yang diperoleh pada tahun 2014 ini sangatlah banyak dan mempunyai nilai yang membanggakan, baik yang didapatkan oleh masing-masing jurusan/program studi, center, maupun universitas.

Beberapa penghargaan penting yang tercatat di tingkat universitas adalah :

  • Pada tahun 2014 ini BINUS University diakui sebagai universitas bintang 3 dunia (3 Stars) dengan memperoleh 5 bintang pada indikator Teaching, Employability, Facilities, Access dan Engagement oleh Quacquarelli Symonds (QS) melalui QS Stars sebagai lembaga internasional yang berperan untuk mengukur rating universitas di dunia berdasarkan 8 kategori yaitu Research, Teaching, Employability, Internationalization, Facilities, Access, Engagement dan Specialist Criteria, yang akan menentukan bintang 0 sampai 5+.
  • BINUS University meraih penghargaan The Indonesian Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE) Award selama 8 kali berturut-turut sejak 2007 dari Dunamis Organization yang bekerja sama dengan Teleos – The KNOW Network dari Inggris dalam bidang pengembangan knowledge management yang paling dikenal dan dikagumi oleh masyarakat dalam mengembangkan Knowledge Management bidang pendidikan di Indonesia. BINUS University juga merupakan Universitas Swasta pertama yang memperoleh penghargaan ini dan selalu menjadi finalis dan pemenang setiap tahunnya. Pada tahun 2014 ini BINUS University berhasil menempati posisi ke-3 sebagai pemenang bersama dengan Pertamina dan United Tractor sebagai pemenang untuk posisi pertama dan kedua. Ketiga pemenang dalam Indonesia MAKE Study Award tahun ini akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE di Hongkong.
  • BINUS University mendapat peringkat pertama TeSCA Winner 2014 dalam program Telkom Smart Campus (TeSCA), yakni program yang diadakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam melakukan pengukuran pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT).
  • BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan se-Kopertis Wilayah III DKI Jakarta tahun 2013, yaitu Peringkat I Kategori Tata Kelola, Peringkat I Kategori Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Peringkat I Kategori Kemahasiswaan dan Peringkat II Kategori Pengembangan Dosen. Sebelumnya di tahun 2012 BINUS University unggul dalam tiga kategori bidang Pengembangan Sistem, Mutu pembelajaran dan Karya Unggulan.
  • BINUS University mendapatkan penghargaan dari Microsoft Indonesia sebagai salah satu universitas yang memberi impact kepada masyarakat melalui pengetahuan dan teknologi. BINUS University sudah mengaplikasikan Office365 for education sebagai sebuah revolusioner produk dari Microsoft Office yang dapat membantu para pengajar dalam meningkatkan proses belajar di kelas.
  • BINUS University menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang mengikuti Indonesian Quality Award (IQA) mulai dari tahun 2011. BINUS University merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi bersama dengan 11 perusahaan yang sebagian besar merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2014, BINUS University kembali mengikuti IQA dengan hasil yang meningkat dari tahun tahun sebelumnya dan masuk dalam kategori Good Performance.
  • BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Best Private University 2013 yang diselenggarakan oleh MIX Marketing Communication Magazine
  • Puluhan dosen dan mahasiswa BINUS University berhasil mendapat penghargaan, juara lomba, baik tingkat nasional dan internasional, antara lain :
  • Endra, Kom., M.T., Faculty Member Jurusan Sistem Komputer, meraih Juara Harapan 2 Penghargaan Dosen Berprestasi, Tingkat Kopertis Wilayah III DKI Jakarta.
  • Rahayu Elinda, mahasiswa Jurusan Sastra Jepang, menjadi Juara 1 dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh Wakayama Gaikokugo Nihongo Gakkou, 30 Juli 2014.Maya Rininta Satyoningtyas, mahasiswa Jurusan Teknik Industri, memperoleh Gold Award dalam IIE Students Chapter International Competition, 4 Agustus 2014. Amanda R. Santoso, mahasiswa Jurusan Psikologi, dan Aldila P. Santoso, mahasiswa Jurusan Manajemen, memperoleh Silver Medal dalam Kejuaraan Air Asia Pacific Tournament Water Polo XVI, di Hongkong tanggal 15 -17 Agustus 2014.Hardy Suanto, mahasiswa Jurusan Arsitektur, menjadi Finalis Kejuaraan Archiprix International 2015 – Madrid, yang diselenggarakan oleh NUS-Hunter Douglas- Taylor’s University, tanggal 25 Agustus 2014, saat ini sedang dalam Proses Review Jury, Pengumuman Mei 2015.
  • Rivera Kathrin Windra, mahasiswa Jurusan Manajemen dan Marchella Febryanti mahasiswa Jurusan Komunikasi Pemasaran, mewakili UKM BNEC menjadi Juara 2 Nasional Kejuaraan NUDC 2014 Open (National University Debating Championship), yang diselenggarakan oleh DIKTI, tanggal 19-24 Agustus 2014.
  • Cahyo Adhitomo, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, mendapat penghargaan 1st Place Amateur Independence Day Golf Invitational, yang diselenggarakan oleh Indonesia Golf Tour, tanggal 14-17 Agustus 2014.
  • Randy Archie Primawan dan Donny Irianto, mahasiswa Jurusan DKV Animasi, mendapat penghargaan 8 Besar Nasional dalam Lomba Animasi Kategori SMA-K/Perguruan Tinggi (INAICTA), yang diselenggarakan oleh Menkominfo, tanggal 29 Agustus 2014.
  • Inca Maya Sari, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, memperoleh Gold Medal Anggar dalam Kejuaraan Internasional Prince of Wales International School, Kategori Fencing Championship Under 23 Women’s Foil Individual, yang diselenggarakan oleh POWIIS, 15 September 2014.
  • 10 orang mahasiswa Jurusan Sistem Informasi: Linda W., Antony Budianto, Bob Wibisono, Reinaldo Arifin, Yulia, Devi, Deborah Kristiani Sitompul, Yulistiawati, Rahman, Rizki Alexander menjadi Finalis (10 Besar) – Ranking 5 dan Ranking 9 dalam Kejuaraan International Research and Expo Competition (REOC) 2014, Kategori Computing – E-Learning Development for Indonesian Traditional Music, di Universitas Islam Negeri – Maulana Malik Ibrahim – Malang tanggal 15-17 September 2014.
  • Suhendri Belrin dan Crissandi Bisnis, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi mewakili BEC menjadi juara Bisnis Plan Terbaik dalam Acara Technopreneurship Camp VII, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), tanggal 12-13 September 2014.
  • Bagus Cayo Mastriza, mahasiswa Jurusan Business Law, menjadi Juara 1 dan The Best Memo dalam Acara “The 5th Business Law Competition 2014 Piala Hafni Sjahruddin .Get To Know The Importance of Investment in Public Private Partnership”,  yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia, tanggal 21 September 2014.
  • Jemima Devina Halim, Santi, Sri Apriyanti Wijaya dan Donny Cha, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, mendapat Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) Tingkat Nasional oleh DIKTI, pada bulan September 2014.
  • Melina Burhan, mahasiswa Jurusan DKV New Media, menjadi Juara 1 Lomba Lukis Peksiminas 2014 (Pekan Seni Mahasiswa Indonesia Nasional), oleh DIKTI, tanggal 18 September 2014.
  • Stella Emada Bestia, mahasiswa Jurusan DKV New Media, menjadi Juara 1 Lomba Lukis Faber Castell tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Faber Castell, tanggal 11 Oktober 2014.
  • Elizabeth Marcella, mahasiswa Jurusan Arsitektur, menjadi Finalis Kejuaraan Nippon Paint Young Designer Award 2014, yang diselenggarakan oleh Nippon Paint Indonesia, tanggal 8-9 Oktober 2014.
  • Iyan Hervianto dan Hardy Suanto, mahasiswa Jurusan Arsitektur menjadi Finalis Kejuaraan Archiprix SEA 2014 – Kuala Lumpur, yang diselenggarakan oleh  NUS-Hunter Douglas- Taylor’s University, tanggal 19-22 Oktober 2014.
  • Novyria, Sonia Pratama, Septiani dan Desmonda Agustina, Tim Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, mendapat Juara 3 dan Juara 4 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah UNY Accounting Days 2014, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, tanggal 16-19 Oktober 2014.
  • Vivi Angelina, Marcellino Yohanes dan Afifah Azizah, Tim Mahasiswa Jurusan Psikologi, menjadi Juara 2 Tingkat Nasional dalam Lomba Cerdas Cermat Psychamp, yang diselenggarakan oleh Universitas Atmajaya Jakarta, tanggal 12 November 2014.
  • Inca Maya Sari, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, memperoleh Medali Emas dalam Kejuaraan 10th Jakarta Taekwondo Festival, Kategori Kyorugi (65kg-69kg), yang diselenggarakan oleh POPKI DKI Jakarta, tanggal 14 November 2014.

 

  • Penghargaan dalam bentuk juara lomba dalam banyak kompetisi Nasional dan Internasional juga diperoleh jurusan dan center BINUS University, semuanya ini memberikan motivasi untuk terus mencapai yang terbaik.

 

Upaya Strategis yang sedang dan akan dilakukan oleh BINUS University

Sebagai upaya nyata mencapai world class university, BINUS University menetapkan 8 (delapan) sasaran strategis , yaitu :

  1. Meningkatnya daya saing lulusan BINUS University, sehingga mampu mengisi semua peluang sebagai profesional di perusahaan/organisasi global maupun menjadi enterpreneur yang sukses, terutama dengan adanya ASEAN Community tahun 2015.
  2. Meningkatnya jumlah karya inovasi dan unggulan yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga memberikan solusi untuk pembangunan bangsa Indonesia dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan layanan profesional.
  3. Meningkatnya kualitas akademik dengan menerapkan standard akademik internasional, global learning system, dan peningkatan kualitas faculty member.
  4. Membangun budaya dan kemampuan penelitian dan publikasi yang memberikan dampak tinggi pada masyarkat
  5. Melakukan upaya kerja sama strategis dengan semua mitra dalam dan luar negeri untuk memperkuat kompetensi BINUS University dan sekaligus mempertegas kehadiran BINUS University di forum nasional dan internasional
  6. Memastikan semakin banyak dan tingginya pengakuan global dari seluruh stakeholder terhadap BINUS University, termasuk didalamnya tercapainya akreditasi nasional, internasional, maupun pengakuan rangking BINUS University di tingkat Asia dan dunia
  7. Mencapai kondisi university of choice untuk BINUS University
  8. Mencapai kondisi pertumbuhan yang berkelanjutan dari BINUS University, sehingga mampu memberikan layanan akademik yang lebih besar dan luas kepada masyarakat dan stakeholder.

 

Terkait dengan pengembangan infrastruktur, BINUS University berhasil mewarnai dunia pendidikan dengan mendirikan Smart and Green Campus yang terdiri dari 22 lantai di Alam Sutera, Tangerang. Peresmian BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera ini ditandai dengan rangkaian kegiatan BINUS ICONATION – When Creativity Meet a Smart & Green Campus yang berlangsung dari tanggal 20-23 Oktober 2014.

Beragam kegiatan dihadirkan dalam BINUS ICONATION ini, diantaranya: International Seminar, Industrial Gathering, Public Lecture dari berbagai perusahaan internasional, Young Entrepreneur, Book Review, Faculty Exhibition, Book Fair, Community Festival, Student Performance, Campus Tour, Music Festival dan Charity. Rangkaian BINUS ICONATION ditutup dengan acara puncak Ceremony The Grand Launching BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera pada tanggal 23 Oktober 2014. BINUS University berfokus pada pendidikan bisnis kreatif, untuk mendukung program ekonomi kreatif yang dicanangkan pemerintah. Tidak hanya dirancang untuk terlihat megah, tapi BINUS UNIVERSITY @Alam Sutera juga dirancang agar mampu menumbuhkan suasana kreatif kepada mahasiswanya dan membuat mereka betah berada di lingkungan kampus.

Komitmen, dedikasi yang tinggi dan semangat tidak kenal menyerah dari seluruh BINUSIAN, serta dengan lindungan Tuhan, akan memberikan jaminan pencapaian itu semua.

Kami percaya pada akhirnya BINUS University akan mendapatkan pengakuan world class university yang sesungguhnya dari masyarakat global dan semuanya itu untuk kepentingan seluruh mahasiswa, alumni, dosen, orang tua, pelaku industri , masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

 

Komunitas BINUSIAN

Guna mewujudkan jaringan di antara para BINUSIAN maka sejak tahun 1999 telah dibentuk komunitas BINUSIAN.  Dalam era global saat ini sangat dibutuhkan jaringan untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi di antara para BINUSIAN. Komunitas BINUSIAN akan menjadi besar dan kuat pada masa mendatang sehingga antara satu dengan lainnya mempunyai ikatan emosional yang kuat sebagai mahasiswa, alumni, karyawan, dosen dan pengelola BINUS University, pendidikan Bina Nusantara dan juga institusi pelatihan Bina Nusantara. Para BINUSIAN akan saling bertukar informasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan ide dan usaha, dan menangkap peluang untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Komunitas BINUSIAN akan tumbuh dan mekar dalam jaringan yang bersifat global melampaui batas negara guna membentuk jaringan secara internasional.

 

Usaha dan kegiatan dalam menghimpun komunitas BINUSIAN dilakukan melalui sarana BINUS Career yang merupakan unit kerja sebagai jembatan antara BINUS University dengan dunia usaha dan juga yang menjembatani antara BINUS University dengan para alumninya.

BINUS Career dapat menyalurkan para lulusannya dan mengkomunikasikan peluang pekerjaan dari dunia usaha kepada para BINUSIAN dan menyampaikan informasi kepada BINUSIAN yang akan meneruskan studinya baik di dalam negeri maupun di manca negara. BINUS Career juga berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia usaha yang merupakan masukan yang sangat berguna dalam mengemas kurikulum program studi di BINUS University. Sarana yang dapat digunakan dalam berkomunikasi saat ini dapat melalui www.binuscareer.com yang merupakan portal penghubung dan pemersatu para BINUSIAN.

Untuk itu kami mengajak kepada para lulusan agar senantiasa mengupdate data pribadi masing-masing, prestasi, dan masukan bagi BINUS University termasuk kebutuhan tenaga kerja yang dapat dilakukan melalui homepage tersebut di atas. BINUS Career juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan secara langsung para alumni BINUS University sehingga wadah ini tidak hanya merupakan jembatan antara BINUS University dengan para alumninya tetapi juga jembatan antar alumni itu sendiri. Untuk itu jangan ragu, klik www.binusian.org/alumni dan bergabunglah bersama komunitas BINUSIAN.

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Prestasi, kesuksesan dan kemajuan yang telah diraih BINUS University saat ini merupakan hasil kerja keras segenap anggota keluarga besar Bina Nusantara, serta merupakan hasil pembinaan Pemerintah melalui peraturan serta tantangan yang diberikan.

Untuk itu sudah selayaknya kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, khususnya kepada Bapak Menteri Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Bapak Dirjen DIKTI Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Ibu Koordinator Kopertis Wilayah III, atas semua arahan dan pembinaannya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan beserta para pengurus Yayasan Bina Nusantara dan Board of Management BINUS Group, atas segala arahan dan bimbingannya, terima kasih juga kepada semua anggota keluarga besar Bina Nusantara yang terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa atas kerjasama dan dorongan untuk memajukan BINUS University secara terus-menerus.

Atas nama pimpinan dan staf serta seluruh sivitas akademika BINUS University, sekali lagi kami sampaikan ucapan SELAMAT DAN SEMOGA SUKSES kepada para BINUSIAN 2014 periode dua yang telah berhasil menyelesaikan studinya, dan ucapan SELAMAT DAN TERIMA KASIH juga kami  tujukan kepada para orangtua dan keluarga para Binusian 2014 atas semua jerih payah dan pengorbanan kepada putra/putri bapak & ibu selama belajar di lingkungan Bina Nusantara dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menyiapkan putra/putri bapak & ibu memasuki dunia kerja dan wirausaha di tengah masyarakat.

 

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan Anggota Senat BINUS University, rekan pimpinan Bina Nusantara dan staf, para dosen, para karyawan, para Binusian semuanya, seluruh panitia dan anggota Paramabira yang telah mempersiapkan dan bekerja keras melaksanakan kegiatan pelepasan BINUSIAN 2014 periode dua ini. Juga terima kasih kepada para rekanan dan para undangan yang ikut memeriahkan upacara wisuda hari ini.

Kepada para lulusan, kembangkan terus kemampuan dalam diri Anda agar Anda semua selalu dapat berkiprah dalam dunia dan masyarakat dunia. Jangan lupa Anda semua merupakan anggota komunitas BINUSIAN yang selalu berkomunikasi dalam pengembangan kemampuan di antara Anda. Jangan lupa kepada almamater BINUS University yang telah membekali dan menghantar Anda untuk meraih kesuksesan pada hari ini.

Bersyukurlah bahwa perjuangan Anda telah berhasil menempatkan Anda dalam barisan BINUSIAN, yang telah memiliki nama besar di kalangan dunia usaha. Jaga terus nama baik keluarga besar Bina Nusantara, agar cita-cita lembaga ini untuk menjadikan para BINUSIAN sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dapat terealisasi melalui karya Anda.

Untuk itu saya ingin berpesan sekali lagi agar Anda semua selalu berupaya menyempatkan diri mengunjungi kampus Anda melalui dunia maya di www.binus.ac.id, www.binuscareer.com, dan www.binusian.org/alumni untuk meremajakan data diri Anda dan memberikan masukan dan tantangan kepada pengelola BINUS. Ingatlah selalu BINUS University sebagai almamater Anda.  Marilah secara bersama kita membentuk Komunitas BINUSIAN yang kita banggakan ini.

Jayalah BINUSIAN selalu !

Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 1 Desember 2014

 

BINUS University

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Rektor

 

 

Tabel 1 Lulusan Angkatan 51 Dari Segi Prestasi Akademik

Program studi / Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu

[%]

Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-tinggi Ter-rendah IPK>3,0 2,5-3,0 <2,5
DR (Riset in Management) S3 4 3.66 3.89 3.37 100.00 0.00 0.00 75.00 3.00
MM (Finance) S2 32 3.39 3.74 3.04 100.00 0.00 0.00 28.13 2.00
MM (Marketing) S2 41 3.39 3.68 3.06 100.00 0.00 0.00 80.49 1.50
MM (Management) S2 139 3.43 3.77 3.07 100.00 0.00 0.00 81.29 1.46
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 45 3.61 3.86 3.26 100.00 0.00 0.00 37.78 3.00
Magister Teknik Informatika S2 20 3.58 3.75 3.32 100.00 0.00 0.00 45.00 4.00
Sistem Informasi S1 498 2.70 3.92 2.01 23.69 40.76 35.54 93.37 3.43
Information System (BI) S1 17 3.04 3.75 2.53 58.82 41.18 0.00 100.00 3.94
Komputerisasi Akuntansi S1 42 2.75 3.68 2.07 26.19 54.76 19.05 92.86 3.37
Teknik Informatika S1 309 2.66 3.84 2.04 16.83 47.57 35.60 91.26 4.35
Computer Science (BI) S1 31 3.22 3.65 2.70 74.19 25.81 0.00 100.00 4.00
Teknik Industri S1 73 3.10 3.85 2.26 60.27 34.25 5.48 97.26 3.82
Teknik Sipil S1 20 3.19 3.85 2.58 70.00 30.00 0.00 95.00 4.20
Arsitektur S1 38 2.87 3.78 2.14 34.21 47.37 18.42 92.11 4.38
Sistem Komputer S1 29 2.67 3.56 2.03 24.14 37.93 37.93 82.76 4.76
Manajemen S1 188 2.82 3.92 2.05 31.38 43.09 25.53 94.15 3.97
Management (BI) S1 17 2.89 3.42 2.11 64.71 5.88 29.41 94.12 4.18
Akuntansi S1 291 2.94 3.93 2.07 41.92 45.70 12.37 96.91 4.09
Accounting (BI) S1 31 3.16 3.97 2.49 64.52 32.26 3.23 96.77 4.19
International Business (BI) S1 24 3.14 3.76 2.69 54.17 45.83 0.00 100.00 4.08
Hospitality & Tourism Management (BI) S1 12 3.20 3.64 2.74 58.33 41.67 0.00 100.00 4.00
Manajemen Perhotelan D4 102 3.36 3.96 2.60 83.33 16.67 0.00 100.00 4.11
Komunikasi Pemasaran S1 306 3.13 3.99 2.10 62.75 28.76 8.50 96.08 4.18
Sastra Inggris S1 51 3.11 3.83 2.04 58.82 37.25 3.92 94.12 4.27
Sastra Jepang S1 46 3.32 3.96 2.48 80.43 15.22 4.35 93.48 4.33
Sastra Cina S1 69 3.21 3.99 2.04 71.01 20.29 8.70 95.65 4.19
Psikologi S1 60 2.85 3.92 2.04 33.33 50.00 16.67 90.00 4.37
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 149 2.96 3.75 2.07 43.62 49.66 6.71 95.97 4.19
Desain Komunikasi Visual New Media S1 210 3.18 3.85 2.33 66.19 31.43 2.38 97.62 4.10
Desain Interior S1 53 3.13 3.79 2.29 62.26 32.08 5.66 100.00 4.13
Art and Design (BI) S1 33 3.01 3.56 2.38 57.58 39.39 3.03 84.85 4.52
Fashion Design (BI) S1 2 3.07 3.20 2.93 50.00 50.00 0.00 100.00 4.00
Fashion Management (BI) S1 4 3.08 3.32 2.84 75.00 25.00 0.00 100.00 4.00
Film (BI) S1 1 3.24 3.24 3.24 100.00 0.00 0.00 100.00 4.00
Sistem Informasi & Manajemen S1 53 3.10 3.99 2.31 52.83 39.62 7.55 77.36 5.34
Teknik Informatika & Matematika S1 29 3.09 4.00 2.10 55.17 34.48 10.35 65.52 5.62
Sistem Informasi & Teknik Industri S1 10 3.10 3.79 2.39 50.00 40.00 10.00 90.00 5.20
Sistem Informasi & Akuntansi S1 49 3.18 3.93 2.30 61.22 34.69 4.09 93.88 5.09
Teknik Informatika dan Statistika S1 3 3.13 3.29 3.03 100.00 0.00 0.00 100.00 5.00
Manajemen dan Teknik Industri S1 9 3.14 3.90 2.66 66.67 33.33 0.00 100.00 5.00
Komputerisasi Akuntansi D3 5 2.57 3.25 2.09 20.00 20.00 60.00 80.00 4.40
Total   3145 3.11 4.00 2.01 62.28 28.58 9.14 88.51 4.04

 

 

Tabel 2 Lulusan Angkatan 51 Dari Segi Usia Dan Jenis Kelamin

Program Studi / Program Jenjang Usia Termuda Usia Tertua Laki-Laki Perempuan
Dr (Riset in Management) S3 42 66 3 1
MM (Finance) S2 24 44 21 11
MM (Marketing) S2 23 35 28 13
MM (Management) S2 22 60 85 54
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 24 43 36 9
Magister Teknik Informatika S2 22 37 15 5
Sistem Informasi S1 21 35 408 90
Information System (BI) S1 21 31 14 3
Komputerisasi Akuntansi S1 21 24 28 14
Teknik Informatika S1 20 26 261 48
Computer Science (BI) S1 21 29 28 3
Teknik Industri S1 21 30 43 30
Teknik Sipil S1 21 24 15 5
Arsitektur S1 20 37 21 17
Sistem Komputer S1 22 27 28 1
Manajemen S1 16 40 110 78
Management (BI) S1 20 27 11 6
Akuntansi S1 21 26 86 205
Accounting (BI) S1 21 28 14 17
International Business (BI) S1 21 24 13 11
Hospitality & Tourism Management (BI) S1 22 24 2 10
Manajemen Perhotelan D4 21 33 31 71
Komunikasi Pemasaran S1 21 27 69 237
Sastra Inggris S1 21 28 15 36
Sastra Jepang S1 21 28 9 37
Sastra China S1 21 30 9 60
Psikologi S1 21 29 8 52
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 21 28 86 63
Desain Komunikasi Visual New Media S1 21 27 74 136
Desain Interior S1 20 23 18 35
Art and Design (BI) S1 21 27 15 18
Fashion Design (BI) S1 21 22 0 2
Fashion Management (BI) S1 22 23 0 4
Film (BI) S1 21 21 1 0
Sistem Informasi & Manajemen S1 22 25 34 19
Teknik Informatika & Matematika S1 23 30 17 12
Sistem Informasi & Teknik Industri S1 22 25 6 4
Sistem Informasi & Akuntansi S1 22 27 24 25
Teknik Informatika dan Statistika S1 22 24 1 2
Manajemen dan Teknik Industri S1 23 24 6 3
Komputerisasi Akuntansi D3 21 26 4 1
Semua jurusan 16 66 1697 1448

 

 

Tabel 3 Wisudawan/ti Yang Memperoleh Prestasi Summa Cumlaude

No Jenjang NIM Nama Program Studi / Program IPK
1 Strata 1 1401089472 FELITA Accounting (BI) 3.97
2 Strata 1 1401131612 SUSANTI Akuntansi 3.93
3 Strata 1 1401114474 JACINTHA THESARA Komunikasi Pemasaran 3.99
4 Strata 1 1401073575 FEBRINA DWI PUSPA Komunikasi Pemasaran 3.93
5 Strata 1 1401100802 ERWIN Manajemen 3.92
6 Strata 1 1401095683 CHERRY ANGELIE Psikologi 3.92
7 Strata 1 1401100733 ANGELY SETIAWAN Sastra China 3.99
8 Strata 1 1401105375 REINA JUWITA Sastra China 3.99
9 Strata 1 1401084156 DEVI ANDIKO Sastra China 3.91
10 Strata 1 1401101862 SILVINA Sastra Jepang 3.96
11 Strata 1 1301035595 MARIA ANGELIQUE Sistem Informasi dan Akuntansi 3.93
12 Strata 1 1301037442 CHRISTIAN Sistem Informasi dan Manajemen 3.99
13 Strata 1 1301051756 LAUW MELISSA LAUWIS Sistem Informasi dan Manajemen 3.97
14 Strata 1 1601281426 OKKA ADHITA CANDRA SISWARDHANI Sistem Informasi 3.92
15 Strata 1 1301046983 GARRY GLANN Teknik Informatika dan Matematika 4.00
16 Strata 1 1301009483 ADELAILA GAMALITA Teknik Informatika dan Matematika 3.99
17 Diploma 4 1401095525 MARSHELLA Hotel Management 3.93
18 Diploma 4 1401120174 ANGELINE IRAWAN Hotel Management 3.96

 

 

Tabel 4 Lulusan Dengan IPK Tertinggi Untuk Masing-masing Jurusan / Program Studi

No Jenjang Program Studi / Program IPK NIM Nama
1 Strata 3 Manajemen 3.89 1540000331 MARDI
2 Strata 2 MM (Finance) 3.74 0600673652 HENDRY SULIVIAN
3 Strata 2 MM (Management) 3.77 1240002233 RINALDI IRSAN
4 Strata 2 MM (Marketing) 3.68 1240001432 ALVIN GUNAVANTA PANGESTU
5 Strata 2 Sistem Informasi 3.86 1212201526 LILY KUSUMA
6 Strata 2 Teknik Informatika 3.75 1222402745 HANS JAYA
7 Strata 1 Accounting (BI) 3.97 1401089472 FELITA
8 Strata 1 Akuntansi 3.93 1401131612 SUSANTI
9 Strata 1 Arsitektur 3.78 1401102386 VALENTINA HIDAYAT
10 Strata 1 Art and Design (BI) 3.56 1401089296 ANDRE ADITYA MANGGALA
11 Strata 1 Computer Science (BI) 3.65 1401088362 YEDIYA JUAN
12 Strata 1 Desain Interior 3.79 1401074602 JIMMY LEONARDO
13 Strata 1 Desain Komunikasi Visual-Animasi 3.75 1401092233 IRENE
14 Strata 1 Desain Komunikasi Visual-New Media 3.85 1401109493 MICHELLA VIRTA
15 Strata 1 Fashion Design (BI) 3.20 1401125143 AVRIDYA KEMALA
16 Strata 1 Fashion Management (BI) 3.32 1401088570 CHRISTINA RIADY HARTANTO
17 Strata 1 Film (BI) 3.24 1401089705 GIORGIO PRATADAJA
18 Strata 1 Hospitality & Tourism Management (BI) 3.64 1401089876 CILIA WIJAYA LIMANTARA
19 Strata 1 Information System (BI) 3.75 1401125111 ANDREAS ANTONI
20 Strata 1 International Business (BI) 3.76 1401089371 STELLA LUKITA
21 Strata 1 Komputerisasi Akuntansi 3.68 1601280272 FRENI INDAH NURKAHPY
22 Strata 1 Komunikasi Pemasaran 3.99 1401114474 JACINTHA THESARA
23 Strata 1 Management (BI) 3.42 1401088646 MANDAYU VICTORY SOEPRAPTOYO
24 Strata 1 Manajemen 3.92 1401100802 ERWIN
25 Strata 1 Manajemen dan Teknik Industri 3.90 1301052046 RICO LISARIB
26 Strata 1 Psikologi 3.92 1401095683 CHERRY ANGELIE
27 Strata 1 Sastra China 3.99 1401105375 REINA JUWITA
28 Strata 1 Sastra China 3.99 1401100733 ANGELY SETIAWAN
29 Strata 1 Sastra Inggris 3.83 1401073543 LIA LEVINA
30 Strata 1 Sastra Jepang 3.96 1401101862 SILVINA
31 Strata 1 Sistem Informasi 3.92 1601281426 OKKA ADHITA CANDRA SISWARDHANI
32 Strata 1 Sistem Informasi dan Akuntansi 3.93 1301035595 MARIA ANGELIQUE
33 Strata 1 Sistem Informasi dan Manajemen 3.99 1301037442 CHRISTIAN
34 Strata 1 Sistem Informasi dan Teknik Industri 3.79 1301051195 MECARINE
35 Strata 1 Sistem Komputer 3.56 1401136084 ANDREW
36 Strata 1 Teknik Industri 3.85 1401105980 JEREMY JONATHAN
37 Strata 1 Teknik Informatika 3.84 1401074123 FALERIAN JONATHAN
38 Strata 1 Teknik Informatika dan Matematika 4.00 1301046983 GARRY GLANN
39 Strata 1 Teknik Informatika dan Statistika 3.29 1301058024 DEWA AYU NYOMAN OCTALIA STEFANI
40 Strata 1 Teknik Sipil 3.85 1401099523 ENG PHIN
41 Diploma 4 Hotel Management 3.96 1401120174 ANGELINE IRAWAN
42 Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi 3.25 1501206242 MERZA SAPUTRA GAJAHNATA

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close