People Innovation Excellence

Sambutan Rektor BINUS University Pada Wisuda 52

Sambutan Rektor BINUS University

Pada Wisuda 52, Kamis 30 Juli 2015

 

 

Yth. Bpk. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Yth. Ibu Koordiantor Kopertis Wilayah III DKI Jakarta

Yth. Bpk. Bernard Gunawan, Ketua Yayasan Bina Nusantara dan CEO BINUS Group, beserta Board of Management

Yth. Anggota Senat dan Dewan Pelantik BINUS University

Yth. Bpk. dan Ibu Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Yth. Pimpinan Lembaga Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Industri dan Bisnis

Yth. Bpk. dan Ibu Kepala Sekolah BULC (BINUS UNIVERSITY Learning Community), yang merupakan sekolah mitra dari BINUS UNIVERSITY

Yth. Bpk. dan Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkenan hadir dalam acara Wisuda 52 ini

Yth. Rekan-rekan Dosen dan staff BINUS University

Yang sangat saya banggakan, semua wisudawan dan wisudawati Angkatan 52 BINUS University

Serta para hadirin sekalian

 

Salam sejahtera untuk kita semua.

 

Pertama-tama dan yang utama, marilah kita selalu panjatkan puji-syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Berkat dan RahmatNya sehingga hari ini kita dapat bersama-sama menghadiri acara yang penuh kidmat dan kebahagiaan, di gedung yang megah dan indah ini.

 

Hari ini, 30 Juli 2015, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Keluarga Besar Sivitas Akademika BINUS University, bahwa untuk yang ke-52 kalinya dapat menyelenggarakan acara wisuda bagi para lulusannya.

 

Dalam wisuda ini BINUS University akan melepaskan lagi lulusannya sebanyak 2.732 lulusan yang terdiri dari 4 lulusan S3, 387 lulusan S2, 2.256 lulusan S1 Reguler, 64 lulusan S1 Internasional, 17 lulusan D4 dan 4 Lulusan D3.

Pertambahan jumlah lulusan Wisuda 52 ini akan menambah komunitas lulusan BINUS University sehingga menjadi 86.894 orang yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia.

 

Kami yakin dan percaya kontribusi para lulusan atau alumni BINUS University akan dapat berkarya di masyarakat, sekaligus menjadi Leader masa depan yang mampu mengajak dan melakukan perubahan dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa, negara dan dunia.

 

Khusus untuk Wisuda 52 ini, menjadi sangat istimewa karena BINUS University untuk pertama kalinya berhasil meluluskan 138 orang Sarjana dari Kampus Alam Sutera yang sudah beroperasi sejak Tahun 2011. Selain itu pada Wisuda 52 ini, BINUS University juga meluluskan pertama kalinya 14 orang Sarjana dari program Mobile Application and Technology, 19 orang Sarjana dari program Audit Sistem Informasi dan 41 orang Sarjana dari program Pemasaran Internasional. Pada kesempatan ini pula, Binus juga memberikan Penghargaan Wibowo Award bagi wisudawan yang selain berprestasi di bidang akademik juga aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, yang diberikan kepada wisudawan Nadia dari Jurusan Teknik Informatika. Sungguh suatu prestasi yang membanggakan bagi kita semua.

 

Selanjutnya, BINUS University juga meluluskan 4 orang Doktor dari program DRM (Doctor of Research in Management), yaitu: Dr. Enggal Sriwardiningsih , Dr. Anna Astrid Susanti, Dr. Gunawan Wang dan Dr. Jerry Marcellinus Logahan.  Keberhasilan ini menjadikan BINUS University menjadi perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan dan menghasilkan lulusan untuk program diploma, sarjana, magister, sampai doktor. Semoga kehadiran 4 Doktor baru tersebut mampu memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan untuk pengembangan ilmu, serta memotivasi calon-calon doktor yang sekarang sedang mengikuti pendidikan di DRM BINUS University.

 

Berikutnya yang tak kalah membanggakan, Wisuda 52 pada hari ini telah menorehkan sejarah prestasi karena berhasil meluluskan 48 orang wisudawan dengan predikat Summa Cumlaude, dengan IPK lebih dari 3.90 dan 5 orang diantaranya meraih Penghargaan Binusian Award of Excellence dengan meraih IPK Sempurna 4.00. Kelima wisudawan tersebut adalah: Wendra dari Jurusan Manajemen, Linda Wijaya dari Jurusan Sistem Informasi, Marcello Dwianto, Osbin Patija, Daniel Agusta dan ketiganya adalah wisudawan dari Jurusan Teknik Informatika.

 

Seluruh Pimpinan Yayasan Bina Nusantara, dan pimpinan BINUS University beserta segenap sivitas akademika, mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah Anda raih.

 

Hari wisuda ini menjadi hari istimewa untuk Anda semua sebagai wisudawan BINUS University, acara hari ini disiapkan dengan sangat serius oleh panitia dan mendapat perhatian penuh dari Pimpinan BINUS University. Semua ini untuk memberikan penghargaan kepada Anda semua yang telah berhasil melewati perjalanan panjang sebagai mahasiswa, baik dalam kegiatan studi akademik maupun non akademik.

 

Keberhasilan Anda semua yang dirayakan pada hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier dan kehidupan. Masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus Anda hadapi; janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan tersebut.

 

Berbekalkan pengetahuan, ketrampilan, budaya belajar, semangat tidak kenal menyerah, dan motivasi tinggi, kami percaya Anda semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita.

Jangan berhenti untuk terus belajar, tingkatkan terus segala pengetahuan dan kemampuan Anda, apalagi pada tahun 2015 ini, Indonesia memasuki era baru dalam perekonomian global yang kita sebut dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sebagai sebuah integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara, yang penuh tantangan dan sekaligus peluang besar ini. Oleh karena itu, tiba saatnya untuk memaksimalkan inovasi, kreatifitas dan produktivitas daripada hanya sekadar membanggakan kekayaan alam tapi tidak mengolahnya dengan bijaksana.

 

Melengkapi hari istimewa ini, kami sampaikan informasi lengkap tentang prestasi dalam Wisuda 52 yang dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah sambutan ini.

 

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya sebagai pimpinan BINUS University ingin menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan Bina Nusantara.

 

BINUS 34 Tahun

Pada tanggal 1 Juli 2015 yang lalu, BINUS University merayakan ulang tahunnya yang ke-34. Ulang tahun itu menunjukkan sudah 34 tahun BINUS berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui pendidikan. Kita semua bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaian, keberhasilan, dan juga prestasi selama 34 tahun berkarya.

 

Saat ini BINUS University menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan tinggi, baik program reguler diploma dan strata-1, program internasional, maupun program jenjang S2 dan program S3. Perkuliahan dapat dilakukan secara multi channel (global learning system), maupun dilakukan secara lebih fleksibel melalui program Online Learning.

 

Bahkan seiring dengan perkembangan teknologi dunia yang makin pesat di era perdagangan bebas, di awal tahun 2015 ini BINUS University telah membuka Program Doctor of Computer Science sebagai langkah maju dalam memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas di bidang ilmu komputer. Dengan dibukanya program ini maka akan semakin terbuka kesempatan bagi Binusian maupun masyarakat untuk menyempunakan pengetahuan dan penguasaannya akan teknologi di bidang komputer.

 

Dan yang membanggakan, sejak tahun 2014 yang lalu, BINUS University telah menjadi satu-satunya universitas swasta yang mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Program Studi S1 – Manajemen dan Program Studi S1- Sistem Informasi, sehingga semakin besar kesempatan masyarakat dimanapun berada untuk mendapatkan layanan pendidikan berkualitas BINUS University.

 

 

Visi dan Misi BINUS University

Sejak tahun 2008 BINUS University juga telah menetapkan visi dan misi yang selaras dengan visi Yayasan Bina Nusantara, penetapan ini sangat penting sebagai bagian dari strategi untuk menjawab tantangan masa depan.

 

 

Visi BINUS University  :

A world-class University, …in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Misi BINUS University:

The mission of BINUS University is to contribute to the global community through the provision of world-class education by :

  • Recognizing and rewarding the most creative and value-adding talents
  • Providing a world-class teaching, learning and research experience that fosters excellence in scholarship, innovation and entrepreneurship.
  • Creating outstanding leaders for global community
  • Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society
  • Improving the quality of life of Indonesians and the international community

 

Kebijakan Mutu BINUS University

BINUS University is committed to providing a world-class education with international learning experience that makes positive contributions to the global community

 

Semua yang ingin kita capai tentunya perlu diturunkan ke dalam langkah-langkah nyata baik yang sudah, sedang, maupun yang akan dilaksanakan di masa mendatang, dan semuanya itu tertuang di dalam suatu Rencana Strategis BINUS University 20/20.

 

Penghargaan yang diperoleh BINUS University

Upaya kreatif, strategis, dan tidak kenal lelah dari seluruh BINUSIAN, mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Pengakuan atau penghargaan yang diperoleh pada tahun 2015 ini sangatlah banyak dan mempunyai nilai yang membanggakan, baik yang didapatkan oleh masing-masing jurusan/program studi, center, maupun universitas.

Beberapa penghargaan penting yang tercatat di tingkat universitas adalah :

  • Pada tahun 2014 BINUS University diakui sebagai universitas bintang 3 dunia (3 Stars) dengan memperoleh 5 bintang pada indikator Teaching, Employability, Facilities, Access dan Engagement oleh Quacquarelli Symonds (QS) melalui QS Stars sebagai lembaga internasional yang berperan untuk mengukur rating universitas di dunia berdasarkan 8 kategori yaitu Research, Teaching, Employability, Internationalization, Facilities, Access, Engagement dan Specialist Criteria, yang akan menentukan bintang 0 sampai 5+.
  • Pada tahun 2014 dan bertempat di Hong Kong, BINUS University terpilih sebagai 20 Institusi Terbaik Se-Asia setelah selama 8 kali berturut-turut sejak 2007 meraih penghargaan The Indonesian Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE) Award dari Dunamis Organization yang bekerja sama dengan Teleos – The KNOW Network dari Inggris dalam bidang pengembangan knowledge management yang paling dikenal dan dikagumi oleh masyarakat dalam mengembangkan Knowledge Management bidang pendidikan di Indonesia. BINUS University juga merupakan Universitas Swasta pertama yang memperoleh penghargaan ini dan selalu menjadi finalis dan pemenang setiap tahunnya. Dalam ajang bergengsi ini, BINUS University mewakili Indonesia bersama 2 perusahaan besar, yakni Pertamina dan United Tractor sebagai 3 besar pemenang dalam Indonesian MAKE Study Award tahun 2014.
  • BINUS University mendapat peringkat pertama TeSCA Winner 2014 dalam program Telkom Smart Campus (TeSCA), yakni program yang diadakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam melakukan pengukuran pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT).
  • BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Unggulan se-Kopertis Wilayah III DKI Jakarta tahun 2013, yaitu Peringkat I Kategori Tata Kelola, Peringkat I Kategori Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Peringkat I Kategori Kemahasiswaan dan Peringkat II Kategori Pengembangan Dosen. Sebelumnya di tahun 2012 BINUS University unggul dalam tiga kategori bidang Pengembangan Sistem, Mutu pembelajaran dan Karya Unggulan.
  • BINUS University mendapatkan penghargaan dari Microsoft Indonesia sebagai salah satu universitas yang memberi impact kepada masyarakat melalui pengetahuan dan teknologi. BINUS University sudah mengaplikasikan Office365 for education sebagai sebuah revolusioner produk dari Microsoft Office yang dapat membantu para pengajar dalam meningkatkan proses belajar di kelas.
  • BINUS University menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang mengikuti Indonesian Quality Award (IQA) mulai dari tahun 2011. BINUS University merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi bersama dengan 11 perusahaan yang sebagian besar merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2014, BINUS University kembali mengikuti IQA dengan hasil yang meningkat dari tahun tahun sebelumnya dan masuk dalam kategori Good Performance.
  • BINUS University memperoleh penghargaan sebagai Best Private University 2013 yang diselenggarakan oleh MIX Marketing Communication Magazine
  • Puluhan dosen dan mahasiswa BINUS University berhasil mendapat penghargaan, juara lomba, baik tingkat nasional dan internasional, antara lain :
  • 5 orang Dosen Jurusan Sistem Komputer mendapatkan Hibah Desentralisasi 2015 dari DIKTI, yaitu: Bp. Iman H. Kartowisastro, Ph.D., Bp. Wiedjaja, S.Kom., M.Kom., Bp. Jimmy Linggarjati, S.Kom., M.Sc., Bp. Rudy Susanto. S.Kom., M.T.I., Bp. Sofyan, S.Kom., M.Eng.
  • Sulistyo Heripracoyo, SIP., MM, Dosen School of Information System, mendapat penghargaan Best Paper Award, dalam acara The Second International Conference on Advanced Data and Information Engineering (DaEng) di Bali tanggal 25-26 April 2015
  • Sepanjang tahun 2014, sebanyak 151 orang mahasiswa Binus telah menerima Hibah DIKTI di berbagai bidang kegiatan dan penulisan. Mahasiswa tersebut dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Manajemen, Psikologi, Sastra Jepang dan Jurusan Desain Komunikasi Visual,
  • 13 orang mahasiswa BINUS University Jurusan Sistem Komputer dan Jurusan Sistem Informasi mendapatkan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta dari DIKTI pada tanggal 14 Januari 2015.
  • Bathia Pratiwi, Clarissa dan Nurul Yunita Istiqomah, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, mendapatkan penghargaan Outstanding Academic Performance, dari Cheng-Shiu University Taiwan, tanggal 9 Januari 2015.
  • Frendy, Ivony, Aryo Pradipta Gema anggota UKM BNEC, meraih penghargaan Novice Champion (Special Achievement), dalam Kejuaraan Indonesian Varsities English Debate, yang diselenggarakan di Universitas Indonesia tanggal 26-31 Januari 2015.
  • Raden Mas Tryananto, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, meraih penghargaan The Most Delegate Charm in the United Nations Human Rights Council, dalam Acara NTU Model United Nations 2015, yang diselenggarakan oleh Nanyang Technological University Singapura, tanggal 6-8 Februari 2015.
  • 4 Tim Mahasiswa BINUS University yang terdiri dari 15 mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, semua tim meraih Juara 1 dalam 4 Kategori Kejuaraan Microsoft Developer Challenge 2015, yang diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia tanggal 7 Februari 2015.
  • Alexander Gozali, Gabriela dan Alexander Gozali, dari UKM BNEC meraih penghargaan sebagai Juara 1 Spelling Bee dan Scrabble Highest Word & Game dalam Kejuaraan The 2015 Asian English Olympics, tanggal 11-14 Februari 2015.
  • Cahyo Adhitomo, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, meraih Juara 3 dalam Kejuaraan Golf 1st Amateur Invitational, yang diselenggarakan Persatuan Golf Indonesia tanggal 20-22 Februari 2015.
  • Michael Fonglius, mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, menjadi Juara 2 dalam Deloitte Risk Intelligence Challenge 2014/2015, yang diselenggarakan oleh Deloitte Indonesia tanggal 25 Februari 2015.
  • Andriani Shintya Ardhana, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, mendapatkan Medali Perunggu dalam Kejuaraan German Open 2015 di Bonn German, tanggal 6-8 Maret 2015.
  • Kelvin Wongso, mahasiswa Jurusan Sistem Komputer, mendapatkan Beasiswa Trans-ASEAN Global Agenda Education (TAG) Program di University of Tsukuba Jepang, tanggal 14-23 Maret 2015.
  • Galang Ekaputra Larope, mahasiswa Jurusan DKV Animasi, meraih penghargaan Film Pendek Animasi Terbaik dalam Kejuaraan XXI Short Film Festival 2015, yang diselenggarakan oleh Cinema XXI, tanggal 22 Maret 2015.
  • Marcheal, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, meraih Medali Perak dan Perunggu dalam New Xiezhi Cup The 13th Hongkong Wushu International Championship, di Hongkong tanggal 26-28 Maret 2015.
  • Carissa, Sevie, Wieda dan Bayu, sebagai tim mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, meraih Juara 1 dalam HSBC Business Case Competition Indonesia 2015, yang diselenggarakan oleh HSBC Indonesia, tanggal 11-13 April 2015.
  • Savira Rizki Pradiati dan Oh Mei Ying, mahasiswa Jurusan Hotel Management, meraih Bronze Medal Award dan Diploma Medal Award, dalam kejuaraan The 10th Indonesian Salon Culinaire 2015, tanggal 15-18 April 2015.
  • Inca Maya Sari, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, meraih Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Kopertis Wilayah III, yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III pada Bulan April 2015.
  • Tim UKM Basket BINUS University, meraih Juara 2 dalam Liga Bola Basket Mahasiswa Provinsi DKI Jakarta, yang diselenggarakan oleh Bapomi tanggal 6-30 April 2015.
  • Inca Maya Sari, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, meraih Juara 1 dalam Kejuaraan Nasional Anggar Indonesia Youth & Sport Festival (IYoS) 2015, tanggal 19 April 2015.
  • Tim mahasiswa Jurusan Arsitektur menjadi Juara 1 dalam Kejuaraan Interior Wall Design Group Competition Nippon Paint Goes to Campus, tanggal 30 April 2015.
  • Tim mahasiswa Jurusan DKV Animasi menjadi Juara 1 dalam AvengersA Logo Competition, yang diselenggarakan oleh Marvel Indonesia tanggal 29 Mei 2015.
  • Andriani Shyntia Ardhana, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, meraih Bronze Medal Award dalam 28th Sea Games Singapore, tanggal 2-4 Juni 2015.
  • Tim Mahasiswa Jurusan Psikologi meraih Juara 1 dalam Kejuaraan Psycompilation National 2015, yang diselenggarakan di Universitas Maranatha Bandung, tanggal 6-9 Mei 2015.
  • Naradipa Poniman, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi, meraih Juara 1 dalam Kejuaraan Daerah Finswimming Nomor Kolam 2015, yang diselenggarakan oleh POSSI DKI Jakarta tanggal 5 Juni 2015.

 

  • Masih banyak lagi penghargaan dalam bentuk juara lomba dalam berbagai kompetisi Nasional maupun Internasional lainnya yang diperoleh jurusan dan center BINUS University, yang kesemuanya ini memberikan motivasi untuk terus mencapai yang terbaik.

 

Upaya Strategis yang sedang dan akan dilakukan oleh BINUS University

Sebagai upaya nyata mencapai world class university, BINUS University menetapkan 8 (delapan) sasaran strategis , yaitu :

  1. Meningkatnya daya saing lulusan BINUS University, sehingga mampu mengisi semua peluang sebagai profesional di perusahaan/organisasi global maupun menjadi enterpreneur yang sukses, terutama dengan adanya ASEAN Community tahun 2015.
  2. Meningkatnya jumlah karya inovasi dan unggulan yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga memberikan solusi untuk pembangunan bangsa Indonesia dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan layanan profesional.
  3. Meningkatnya kualitas akademik dengan menerapkan standard akademik internasional, global learning system, dan peningkatan kualitas faculty member.
  4. Membangun budaya dan kemampuan penelitian dan publikasi yang memberikan dampak tinggi pada masyarkat
  5. Melakukan upaya kerja sama strategis dengan semua mitra dalam dan luar negeri untuk memperkuat kompetensi BINUS University dan sekaligus mempertegas kehadiran BINUS University di forum nasional dan internasional
  6. Memastikan semakin banyak dan tingginya pengakuan global dari seluruh stakeholder terhadap BINUS University, termasuk didalamnya tercapainya akreditasi nasional, internasional, maupun pengakuan rangking BINUS University di tingkat Asia dan dunia
  7. Mencapai kondisi university of choice untuk BINUS University
  8. Mencapai kondisi pertumbuhan yang berkelanjutan dari BINUS University, sehingga mampu memberikan layanan akademik yang lebih besar dan luas kepada masyarakat dan stakeholder.

 

Sebagai upaya strategis untuk merealisasikan harapan membina nusantara dan mengembangkan pendidikan di luar Jabodetabek maka mulai tahun 2015 ini, BINUS University telah membuka BINUS University di Kota Malang sebagai titik destinasi baru untuk menjangkau wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Bersamaan dengan itu, BINUS University juga segera hadir di Kota Bandung untuk melayani kebutuhan pendidikan masyarakat di wilayah Kota Bandung, serta wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Selain itu BINUS University telah hadir di Kota Palembang dan Semarang dan segera hadir di beberapa kota besar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan berkualitas.

 

Berikutnya, sejalan dengan pengembangan infrastruktur, BINUS University berhasil mewarnai dunia pendidikan dengan mendirikan Smart and Green Campus yang terdiri dari 22 lantai di Alam Sutera, Tangerang. Peresmian BINUS University @Alam Sutera ini ditandai dengan rangkaian kegiatan BINUS ICONATION – When Creativity Meet a Smart & Green Campus yang berlangsung dari tanggal 20-23 Oktober 2014. Bahkan, saat ini pembangunan BINUS University @Alam Sutera telah memasuki Tahap II yang akan menghadirkan fasilitas penunjang lainnya demi mewujudkan kualitas layanan pendidikan unggulan.

Komitmen, dedikasi yang tinggi dan semangat tidak kenal menyerah dari seluruh BINUSIAN, serta dengan lindungan Tuhan, akan memberikan jaminan pencapaian itu semua.

Kami percaya pada akhirnya BINUS University akan mendapatkan pengakuan world class university yang sesungguhnya dari masyarakat global dan semuanya itu untuk kepentingan seluruh mahasiswa, alumni, dosen, orang tua, pelaku industri , masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

 

Komunitas BINUSIAN

Guna mewujudkan jaringan di antara para BINUSIAN maka sejak tahun 1999 telah dibentuk komunitas BINUSIAN.  Dalam era global saat ini sangat dibutuhkan jaringan untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi di antara para BINUSIAN. Komunitas BINUSIAN akan menjadi besar dan kuat pada masa mendatang sehingga antara satu dengan lainnya mempunyai ikatan emosional yang kuat sebagai mahasiswa, alumni, karyawan, dosen dan pengelola BINUS University, pendidikan Bina Nusantara dan juga institusi pelatihan Bina Nusantara. Para BINUSIAN akan saling bertukar informasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan ide dan usaha, dan menangkap peluang untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Komunitas BINUSIAN akan tumbuh dan mekar dalam jaringan yang bersifat global melampaui batas negara guna membentuk jaringan secara internasional.

 

Usaha dan kegiatan dalam menghimpun komunitas BINUSIAN dilakukan melalui sarana BINUS Career yang merupakan unit kerja sebagai jembatan antara BINUS University dengan dunia usaha dan juga yang menjembatani antara BINUS University dengan para alumninya.

BINUS Career dapat menyalurkan para lulusannya dan mengkomunikasikan peluang pekerjaan dari dunia usaha kepada para BINUSIAN dan menyampaikan informasi kepada BINUSIAN yang akan meneruskan studinya baik di dalam negeri maupun di manca negara. BINUS Career juga berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia usaha yang merupakan masukan yang sangat berguna dalam mengemas kurikulum program studi di BINUS University. Sarana yang dapat digunakan dalam berkomunikasi saat ini dapat melalui www.binuscareer.com yang merupakan portal penghubung dan pemersatu para BINUSIAN.

Untuk itu kami mengajak kepada para lulusan agar senantiasa mengupdate data pribadi masing-masing, prestasi, dan masukan bagi BINUS University termasuk kebutuhan tenaga kerja yang dapat dilakukan melalui homepage tersebut di atas. BINUS Career juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan secara langsung para alumni BINUS University sehingga wadah ini tidak hanya merupakan jembatan antara BINUS University dengan para alumninya tetapi juga jembatan antar alumni itu sendiri. Untuk itu jangan ragu, klik www.binusian.org/alumni dan bergabunglah bersama komunitas BINUSIAN.

 

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Prestasi, kesuksesan dan kemajuan yang telah diraih BINUS University saat ini merupakan hasil kerja keras segenap anggota keluarga besar Bina Nusantara, serta merupakan hasil pembinaan Pemerintah melalui peraturan serta tantangan yang diberikan.

Untuk itu sudah selayaknya kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, khususnya kepada Bapak Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Ibu Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta, atas semua arahan dan pembinaannya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan beserta para pengurus Yayasan Bina Nusantara dan Board of Management BINUS Group, atas segala arahan dan bimbingannya, terima kasih juga kepada semua anggota keluarga besar Bina Nusantara yang terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa atas kerjasama dan dorongan untuk memajukan BINUS University secara terus-menerus.

Atas nama pimpinan dan staf serta seluruh sivitas akademika BINUS University, sekali lagi kami sampaikan ucapan SELAMAT DAN SEMOGA SUKSES kepada para BINUSIAN 2015 periode satu yang telah berhasil menyelesaikan studinya, dan ucapan SELAMAT DAN TERIMA KASIH juga kami  tujukan kepada para orangtua dan keluarga para Binusian 2015 atas semua jerih payah dan pengorbanan kepada putra/putri bapak & ibu selama belajar di lingkungan Bina Nusantara dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menyiapkan putra/putri bapak & ibu memasuki dunia kerja dan wirausaha di tengah masyarakat.

 

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan Anggota Senat BINUS University, rekan pimpinan Bina Nusantara dan staf, para dosen, para karyawan, para Binusian semuanya, seluruh panitia dan anggota Paramabira yang telah mempersiapkan dan bekerja keras melaksanakan kegiatan pelepasan BINUSIAN 2015 periode satu ini. Juga terima kasih kepada para rekanan dan para undangan yang ikut memeriahkan upacara wisuda hari ini.

Kepada para lulusan, kembangkan terus kemampuan dalam diri Anda agar Anda semua selalu dapat berkiprah dalam dunia dan masyarakat dunia. Jangan lupa Anda semua merupakan anggota komunitas BINUSIAN yang selalu berkomunikasi dalam pengembangan kemampuan di antara Anda. Jangan lupa kepada almamater BINUS University yang telah membekali dan menghantar Anda untuk meraih kesuksesan pada hari ini.

Bersyukurlah bahwa perjuangan Anda telah berhasil menempatkan Anda dalam barisan BINUSIAN, yang telah memiliki nama besar di kalangan dunia usaha. Jaga terus nama baik keluarga besar Bina Nusantara, agar cita-cita lembaga ini untuk menjadikan para BINUSIAN sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dapat terealisasi melalui karya Anda.

Untuk itu saya ingin berpesan sekali lagi agar Anda semua selalu berupaya menyempatkan diri mengunjungi kampus Anda melalui dunia maya di www.binus.ac.id, www.binuscareer.com, dan www.binusian.org/alumni untuk meremajakan data diri Anda dan memberikan masukan dan tantangan kepada pengelola BINUS. Ingatlah selalu BINUS University sebagai almamater Anda.  Marilah secara bersama kita membentuk Komunitas BINUSIAN yang kita banggakan ini.

Jayalah BINUSIAN selalu !

Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 30 Juli 2015

 

BINUS University

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Rektor

 

 

Tabel 1A Lulusan Angkatan 52 dari Segi Prestasi Akademik (Semua Kampus)

Program Studi/Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-tinggi Ter-rendah IPK

>3,0

IPK

2,5-3,0

IPK

<2,5

[%]
DR (Research in Management) S3 4 3.48 3.69 3.26 100.00 0.00 0.00 50.00 3.50
MM (Finance) S2 30 3.43 3.79 3.03 100.00 0.00 0.00 73.33 2.13
MM (Marketing) S2 54 3.37 3.60 3.02 100.00 0.00 0.00 81.48 1.49
MM (Management) S2 195 3.46 3.86 3.05 100.00 0.00 0.00 81.03 1.54
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 63 3.60 3.81 3.29 100.00 0.00 0.00 34.92 1.84
Magister Teknik Informatika S2 45 3.55 3.85 3.14 100.00 0.00 0.00 62.22 2.07
Sistem Informasi S1 619 3.01 4.00 2.04 52.02 31.99 15.99 97.74 3.24
Information System (BI) S1 11 2.77 3.53 2.17 27.27 45.46 27.27 72.73 4.59
Audit Sistem Informasi S1 19 3.48 3.99 2.81 78.95 21.05 0.00 100.00 3.50
Komputerisasi Akuntansi S1 91 2.97 3.96 2.07 42.86 42.86 14.29 94.51 3.85
Mobile Application and Technology S1 14 3.45 3.81 3.06 100.00 0.00 0.00 100.00 3.50
Teknik Informatika S1 870 3.20 4.00 2.04 64.14 26.32 9.54 99.20 3.66
Computer Science (BI) S1 13 3.27 3.84 2.40 69.23 23.08 7.69 92.31 3.88
Teknik Industri S1 13 2.98 3.34 2.29 38.46 53.85 7.69 92.31 3.42
Teknik Sipil S1 10 2.97 3.80 2.36 40.00 50.00 10.00 100.00 4.60
Arsitektur S1 15 2.69 3.26 2.34 6.67 66.67 26.67 80.00 4.97
Sistem Komputer S1 20 3.20 3.96 2.15 75.00 15.00 10.00 95.00 3.80
Manajemen S1 254 3.02 4.00 2.04 55.91 24.80 19.29 94.88 3.64
Pemasaran Internasional S1 41 3.44 3.95 2.75 87.80 12.20 0.00 100.00 3.50
Management (BI) S1 7 3.12 3.44 2.33 71.43 14.29 14.28 100.00 3.79
Akuntansi S1 56 2.59 3.58 2.03 14.29 39.29 46.43 94.64 4.32
Accounting (BI) S1 21 3.32 3.88 2.43 76.19 19.05 4.76 90.48 3.79
International Business (BI) S1 3 2.98 3.27 2.67 33.33 66.67 0.00 66.67 4.50
Hospitality & Tourism Management (BI) S1 1 2.77 2.77 2.77 0.00 100.00 0.00 100.00 4.50
Komunikasi Pemasaran S1 47 2.69 3.68 2.18 12.77 61.70 25.53 89.36 4.87
Sastra Inggris S1 27 3.07 3.99 2.16 48.15 37.04 14.81 88.89 4.61
Sastra Jepang S1 15 2.98 3.62 2.32 40.00 53.33 6.67 86.67 5.10
Sastra China S1 6 2.38 2.64 2.08 0.00 33.33 66.67 100.00 5.00
Psikologi S1 41 3.11 3.90 2.25 56.10 34.15 9.76 92.68 4.06
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 34 2.69 3.27 2.20 5.88 29.41 5.88 82.35 5.03
Desain Komunikasi Visual New Media S1 14 2.72 3.08 2.31 35.71 150.00 57.14 78.57 5.21
Desain Interior S1 20 2.79 3.25 2.24 30.00 60.00 10.00 100.00 4.65
Art and Design (BI) S1 4 2.94 3.29 2.63 25.00 75.00 0.00 75.00 5.00
Fashion Management (BI) S1 2 2.56 2.64 2.48 0.00 50.00 50.00 100.00 4.50
Film (BI) S1 2 3.21 3.21 3.20 100.00 0.00 0.00 100.00 4.50
Sistem Informasi dan Manajemen S1 21 2.62 3.39 2.13 9.52 42.86 47.62 66.67 5.81
Sistem Informasi dan Teknik Industri S1 2 2.43 2.52 2.33 0.00 50.00 50.00 100.00 5.50
Sistem Informasi dan Akuntansi S1 6 2.84 3.33 2.35 33.33 50.00 16.67 33.33 6.17
Manajemen dan Teknik Industri S1 1 2.95 2.95 2.95 0.00 100.00 0.00 100.00 5.50
Hotel Management D4 17 2.92 3.68 2.26 29.41 64.71 5.88 100.00 4.91
Komputerisasi Akuntansi D3 4 2.51 2.77 2.19 0.00 75.00 25.00 100.00 4.00
Total   2732 3.13 4.00 2.03 60.65 27.05 12.30 92.57 3.43

 

 

Tabel 1B Lulusan Angkatan 52 dari Segi Prestasi Akademik (Strata1, Diploma 4, dan Diploma 3 Kampus Kemanggisan)

Program Studi/Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-tinggi Ter-rendah IPK

>3,0

IPK 2,5-3,0 IPK

<2,5

[%]
Sistem Informasi S1 589 3.01 4.00 2.04 51.78 31.41 16.81 97.62 3.22
Audit Sistem Informasi S1 19 3.48 3.99 2.81 78.95 21.05 0.00 100.00 3.50
Komputerisasi Akuntansi S1 91 2.97 3.96 2.07 42.86 42.86 14.29 94.51 3.85
Mobile Application and Technology S1 14 3.45 3.81 3.06 100.00 0.00 0.00 100.00 3.50
Teknik Informatika S1 789 3.19 4.00 2.04 62.99 26.74 10.27 99.11 3.68
Teknik Industri S1 13 2.98 3.34 2.29 38.46 53.85 7.69 92.31 3.42
Teknik Sipil S1 10 2.97 3.80 2.36 40.00 50.00 10.00 100.00 4.60
Arsitektur S1 15 2.69 3.26 2.34 6.67 66.67 26.67 80.00 4.97
Sistem Komputer S1 20 3.20 3.96 2.15 75.00 15.00 10.00 95.00 3.80
Manajemen S1 227 2.99 4.00 2.04 53.74 24.67 21.59 94.27 3.66
Pemasaran Internasional S1 41 3.44 3.95 2.75 87.80 12.20 0.00 100.00 3.50
Akuntansi S1 56 2.59 3.58 2.03 14.29 39.29 46.43 94.64 4.32
Komunikasi Pemasaran S1 47 2.69 3.68 2.18 12.77 61.70 25.53 89.36 4.87
Sastra Inggris S1 27 3.07 3.99 2.16 48.15 37.04 14.81 88.89 4.61
Sastra Jepang S1 15 2.98 3.62 2.32 40.00 53.33 6.67 86.67 5.10
Sastra China S1 6 2.38 2.64 2.08 0.00 33.33 66.67 100.00 5.00
Psikologi S1 41 3.11 3.90 2.25 56.10 34.15 9.76 92.68 4.06
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 34 2.69 3.27 2.20 5.88 29.41 5.88 82.35 5.03
Desain Komunikasi Visual New Media S1 14 2.72 3.08 2.31 35.71 150.00 57.14 78.57 5.21
Desain Interior S1 20 2.79 3.25 2.24 30.00 60.00 10.00 100.00 4.65
Sistem Informasi dan Manajemen S1 21 2.62 3.39 2.13 9.52 42.86 47.62 66.67 5.81
Sistem Informasi dan Teknik Industri S1 2 2.43 2.52 2.33 0.00 50.00 50.00 100.00 5.50
Sistem Informasi dan Akuntansi S1 6 2.84 3.33 2.35 33.33 50.00 16.67 33.33 6.17
Manajemen dan Teknik Industri S1 1 2.95 2.95 2.95 0.00 100.00 0.00 100.00 5.50
Hotel Management D4 17 2.92 3.68 2.26 29.41 64.71 5.88 100.00 4.91
Komputerisasi Akuntansi D3 4 2.51 2.77 2.19 0.00 75.00 25.00 100.00 4.00
Total   2139 3.05 4.00 2.03 52.88 31.84 15.29 96.26 3.72

 

Tabel 1C Lulusan Angkatan 52 dari Segi Prestasi Akademik (Strata 1 Kampus Alam Sutera)

Program Studi/Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-tinggi Ter-rendah IPK

>3,0

IPK 2,5-3,0 IPK

<2,5

[%]
Sistem Informasi S1 30 3.12 3.75 2.59 56.67 43.33 0.00 100.00 3.50
Teknik Informatika S1 81 3.33 3.97 2.44 75.31 22.22 2.47 100.00 3.50
Manajemen S1 27 3.30 3.82 2.68 74.07 25.93 0.00 100.00 3.50
Total   138 3.28 3.97 2.44 71.01 27.54 1.45 100.00 3.50


 

Tabel 2 Lulusan Angkatan 52 dari Segi Usia dan Jenis Kelamin

Program Studi/Program Jenjang Usia Termuda Usia Tertua Laki-Laki Perempuan
DR (Research in Management) S3 44 56 2 2
MM (Finance) S2 23 51 23 7
MM (Marketing) S2 23 38 21 33
MM (Management) S2 21 55 127 68
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 24 47 50 13
Magister Teknik Informatika S2 23 42 30 15
Sistem Informasi S1 21 52 450 169
Information System (BI) S1 22 25 8 3
Audit Sistem Informasi S1 21 23 7 12
Komputerisasi Akuntansi S1 21 36 45 46
Mobile Application and Technology S1 21 23 10 4
Teknik Informatika S1 20 27 718 152
Computer Science (BI) S1 22 38 9 4
Teknik Industri S1 24 30 10 3
Teknik Sipil S1 22 26 8 2
Arsitektur S1 22 26 7 8
Sistem Komputer S1 21 26 19 1
Manajemen S1 20 44 124 130
Pemasaran Internasional S1 21 24 8 33
Management (BI) S1 21 27 3 4
Akuntansi S1 22 44 34 22
Accounting (BI) S1 21 32 8 13
International Business (BI) S1 21 24 1 2
Hospitality & Tourism Management (BI) S1 23 23 0 1
Komunikasi Pemasaran S1 22 26 22 25
Sastra Inggris S1 22 28 8 19
Sastra Jepang S1 22 26 2 13
Sastra China S1 23 26 0 6
Psikologi S1 21 26 8 33
Desain Komunikasi Visual Animasi S1 22 32 29 5
Desain Komunikasi Visual New Media S1 22 26 8 6
Desain Interior S1 22 25 6 14
Art and Design (BI) S1 23 24 3 1
Fashion Management (BI) S1 23 23 0 2
Film (BI) S1 22 24 0 2
Sistem Informasi dan Manajemen S1 23 26 18 3
Sistem Informasi dan Teknik Industri S1 24 24 2 0
Sistem Informasi dan Akuntansi S1 24 26 4 2
Manajemen dan Teknik Industri S1 24 24 1 0
Hotel Management D4 23 27 11 6
Komputerisasi Akuntansi D3 22 25 3 1
Semua Jurusan   20 56 1847 885

 

 

 

Tabel 3 Wisudawan/ti yang Memperoleh Prestasi Summa Cumlaude

No Jenjang NIM Nama Mahasiswa Jurusan IPK
1 Strata 1 1501156950 DENNY Audit Sistem Informasi 3.99
2 Strata 1 1501145890 IVAN JUSTIN WIRAWAN Audit Sistem Informasi 3.96
3 Strata 1 1501172260 ELVI Komputerisasi Akuntansi 3.96
4 Strata 1 1501142636 WENDRA Manajemen 4.00
5 Strata 1 1501146634 VANIA KUSUMA Manajemen 3.93
6 Strata 1 1501192123 STEVEN Manajemen 3.92
7 Strata 1 1501150335 JESSICA NOVIA Pemasaran Internasional 3.95
8 Strata 1 1501153652 HELEN Pemasaran Internasional 3.93
9 Strata 1 1501173591 MEREDITHA DYAH KRISTIANTI Sastra Inggris 3.99
10 Strata 1 1501157543 PUTRI RINDU KINASIH Sastra Inggris 3.92
11 Strata 1 1501159504 LINDA.W. Sistem Informasi 4.00
12 Strata 1 1501148394 HANNA SEPTIANI Sistem Informasi 3.94
13 Strata 1 1501171320 MERIANTI Sistem Informasi 3.94
14 Strata 1 1501188473 RENDY RINALDO Sistem Informasi 3.94
15 Strata 1 1501189053 JENNIFER PAULING Sistem Informasi 3.93
16 Strata 1 1501167286 HERMAWAN PUTRA KURNIAWAN Sistem Informasi 3.92
17 Strata 1 1501185212 GREGORY ALEXANDER Sistem Komputer 3.96
18 Strata 1 1501144023 MARCELLO DWIANTO Teknik Informatika 4.00
19 Strata 1 1501148620 OSBIN PATIJA Teknik Informatika 4.00
20 Strata 1 1501206116 DANIEL AGUSTA Teknik Informatika 4.00
21 Strata 1 1501146552 MARCELLINA Teknik Informatika 3.99
22 Strata 1 1501154245 STEPHANIE TANUJAYA Teknik Informatika 3.99
23 Strata 1 1501143430 FANNY Teknik Informatika 3.97
24 Strata 1 1501147776 INDRA SETIANA Teknik Informatika 3.97
25 Strata 1 1501155475 SHELLY Teknik Informatika 3.97
26 Strata 1 1501157303 FRIEDA NGAHARJO Teknik Informatika 3.97
27 Strata 1 1501166882 HENDRIK PRAYOGO Teknik Informatika 3.97
28 Strata 1 1501171592 JACKY Teknik Informatika 3.97
29 Strata 1 1501172701 CHRISTINE SOTANTO Teknik Informatika 3.97
30 Strata 1 1501143595 TOMMY PRASETYO AJI Teknik Informatika 3.96
31 Strata 1 1501146836 GABRIELLA NATHANIA LAIRENZ Teknik Informatika 3.96
32 Strata 1 1501153753 ANDRI SAPUTRA Teknik Informatika 3.96
33 Strata 1 1501166472 ERINNA HARDIANTO PUTRI Teknik Informatika 3.96
34 Strata 1 1501146451 STEVEN KURNIAWAN Teknik Informatika 3.95
35 Strata 1 1501164372 KELVIN Teknik Informatika 3.95
36 Strata 1 1501143752 KATHERINE OLIVIANI Teknik Informatika 3.94
37 Strata 1 1501167380 ANGELA MULIAWAN Teknik Informatika 3.94
38 Strata 1 1501171636 YURICA YAKUBUS Teknik Informatika 3.94
39 Strata 1 1501150410 ALDO Teknik Informatika 3.93
40 Strata 1 1501153406 FELIX IGNATIUS HARYANTO Teknik Informatika 3.93
41 Strata 1 1501144862 NATALIA CALISTA Teknik Informatika 3.92
42 Strata 1 1501147220 FAJAR KEMASWARSA Teknik Informatika 3.92
43 Strata 1 1501147523 HARRIS KRISTANTO Teknik Informatika 3.92
44 Strata 1 1501149604 FANNY BUDIMAN Teknik Informatika 3.92
45 Strata 1 1501154503 RIZKY PASKALIS TOTONG Teknik Informatika 3.92
46 Strata 1 1501196001 DENANIR FADILA Teknik Informatika 3.92
47 Strata 1 1501147624 KEVIN AGUSTIO Teknik Informatika 3.91
48 Strata 1 1501156181 ERIC WIJAYA Teknik Informatika 3.91

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 4 Lulusan dengan IPK Tertinggi untuk Masing-Masing Jurusan/Program Studi

No Jenjang Program Studi / Program IPK NIM Nama
1 Strata 3 DR (Research in Management) 3.69 1340000134 ANNA ASTRID SUSANTI
2 Strata 2 MM (Finance) 3.79 1340000582 ADITYO PRASIDI
3 Strata 2 MM (Marketing) 3.60 1340001811 LAYALIYA NADHIRA PUTRI
4 Strata 2 MM (Management) 3.86 1240002611 DENNY JUNIOR CHANDRA
5 Strata 2 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.81 1212201330 ANDRYANTO
6 Strata 2 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.81 1222200381 SUSANTY
7 Strata 2 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.81 1222202475 HENDRA SETIAJI
8 Strata 2 Magister Teknik Informatika 3.85 1312402516 ASWIN WIBISURYA
9 Strata 1 Sistem Informasi 4.00 1501159504 LINDA.W.
10 Strata 1 Information System (BI) 3.53 1501198133 ALBERT RUSLI
11 Strata 1 Audit Sistem Informasi 3.99 1501156950 DENNY
12 Strata 1 Komputerisasi Akuntansi 3.96 1501172260 ELVI
13 Strata 1 Mobile Application and Technology 3.81 1501156761 TAMA HANDIKA
14 Strata 1 Mobile Application and Technology 3.81 1501162934 STEFANUS WIBOWO
15 Strata 1 Teknik Informatika 4.00 1501144023 MARCELLO DWIANTO
16 Strata 1 Teknik Informatika 4.00 1501148620 OSBIN PATIJA
17 Strata 1 Teknik Informatika 4.00 1501206116 DANIEL AGUSTA
18 Strata 1 Computer Science (BI) 3.84 1501197244 REGINALD EVAN
19 Strata 1 Teknik Industri 3.34 1601324476 HIZKIA MULYAR
20 Strata 1 Teknik Sipil 3.80 1401119071 RONI CONAL
21 Strata 1 Arsitektur 3.26 1401078696 KEZIA DIVANINTA
22 Strata 1 Sistem Komputer 3.96 1501185212 GREGORY ALEXANDER
23 Strata 1 Manajemen 4.00 1501142636 WENDRA
24 Strata 1 Pemasaran Internasional 3.95 1501150335 JESSICA NOVIA
25 Strata 1 Management (BI) 3.44 1401088961 SERGIO EMIR WIGUNA
26 Strata 1 Akuntansi 3.58 1601281243 HIKARI UTAMININGSIH
27 Strata 1 Accounting (BI) 3.88 1501199155 GAVRILA THEODORA
28 Strata 1 International Business (BI) 3.27 1501198663 TANIA PATRICIA JOVIANI
29 Strata 1 Hospitality & Tourism Management (BI) 2.77 1401136885 RATU NURYATI IKHLAS
30 Strata 1 Komunikasi Pemasaran 3.68 1401082112 HELMI SHEMI
31 Strata 1 Sastra Inggris 3.99 1501173591 MEREDITHA DYAH KRISTIANTI
32 Strata 1 Sastra Jepang 3.62 1301029573 EZRA ROMION JOSEPH
33 Strata 1 Sastra China 2.64 1401099435 LUCIANA DEBBY
34 Strata 1 Psikologi 3.90 1501209414 VIRGON HARTOYO
35 Strata 1 Desain Komunikasi Visual Animasi 3.27 1401112020 HANA AFIFAH
36 Strata 1 Desain Komunikasi Visual New Media 3.08 1401095430 FADHIL SYACHBANA
37 Strata 1 Desain Interior 3.25 1401105091 ARIANI WINDAYU TIRTAHARDJA
38 Strata 1 Art and Design (BI) 3.29 1401088892 DHANNY
39 Strata 1 Fashion Management (BI) 2.64 1401141765 NISA SABRINA
40 Strata 1 Film (BI) 3.21 1401090013 CYNTHIA RULIN
41 Strata 1 Sistem Informasi dan Manajemen 3.39 1301065780 SEISHA YOLANITA
42 Strata 1 Sistem Informasi dan Teknik Industri 2.52 1301025726 TAUFIK TOWEKSA
43 Strata 1 Sistem Informasi dan Akuntansi 3.33 1200947200 BENEDICT
44 Strata 1 Manajemen dan Teknik Industri 2.95 1301031924 JULIUS
45 Diploma 4 Hotel Management 3.68 1401093002 GEORGENIA LASUARDI
46 Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi 2.77 1501187842 MUZAKKIR IPSAL

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close